Mamuju (ANTARA) - BPJS Kesehatan Cabang Mamuju Provinsi Sulawesi Barat membuka layanan "Mobile Customer Service" (MCS) di Pulau Karampuang sebagai upaya meningkatkan layanan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) kepada masyarakat pesisir di daerah itu.

"Kami menghadirkan layanan MCS untuk melayani masyarakat yang membutuhkan layanan administrasi dan informasi JKN di Pulau Karampuang," kata Kabid SDM, Umum dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Mamuju Sandi Paskirab Nugroho, Selasa.

Layanan MCS dalam rangka meningkatkan komunikasi dua arah dengan pemerintah desa itu kata Sandi, dihadirkan pada peluncuran Desa Wisata Bapu Pute Sunset Point di Pulau Karampuang Kabupaten Mamuju.

"BPJS Kesehatan turut hadir dalam peluncuran desa wisata Batu Pute Sunset Point. Hal ini untuk meningkatkan engagement dalam membangun perkembangan program JKN," ujar Sandi.

Ia menyampaikan, saat ini sekitar 90 persen masyarakat Pulau Karampuang sudah tergabung dalam program JKN.

Sehingga lanjut Sandi, perlu dilakukan pendekatan atau sosialisasi lebih lanjut terkait program JKN kepada warga Pulau Karampuang yang dapat diakses melalui transportasi laut sekitar 30 menit dari Kota Mamuju.

"Pentingnya menjalin kolaborasi dengan masyarakat Pulau Karampuang, selain karena banyak peserta JKN, juga karena masyarakat yang berobat butuh waktu yang lebih lama dari masyarakat kota," jelas Sandi.

Sehingga tambahnya, perlu dilakukan pendekatan promotif/preventif agar masyarakatnya lebih sadar menjaga kesehatannya.

Sementara, Kepala Desa Karampuang Hasdiah menyampaikan bahwa pihaknya senantiasa mengimbau masyarakatnya untuk rutin menjaga kesehatan.

Menurutnya, menjaga kesehatan lebih penting daripada harus berobat dengan akses yang cukup jauh.

“Walaupun sudah banyak masyarakat Karampuang yang terakomodasi BPJS Kesehatan tapi saya berharap warga saya selalu dalam keadaan sehat. Karena apabila sakit maka akses yang dilalui cukup panjang. Sehingga saya selalu mengimbau masyarakat untuk selalu melakukan aktivitas fisik setiap harinya," jelas Hasdiah.

Pewarta : Amirullah
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024