Makassar (ANTARA) - Pemerintah Kota Palopo bersama Kejaksaan Negeri (Kejari) Palopo dan PT. Bank Sulselbar Cabang Utama Palopo menandatangani nota kesepahaman terkait penanganan permasalahan hukum di bidang kewarganegaraan dan tata usaha negara (TUN). Nota kesepahaman (MoU)

ditandatangani oleh Wali Kota Palopo Judas Amir, Jaksa Agung Palopo Agus Riyanto dan Kepala Seksi Pemasaran PT. Bank Sulselbar Cabang Utama Palopo Rolli, di Palopo, Sulawesi Selatan, Rabu. “Salah satu tugas kejaksaan sebagai advokat negara akan banyak membantu di bidang kewarganegaraan dan tata usaha negara,” kata Wali Kota Palopo Judas Amir melalui keterangan tertulis yang diterima di Makassar, Rabu.

Judas Amir menyampaikan penandatanganan MoU dimaksudkan untuk mendapatkan pengetahuan dan pendampingan atas hal-hal yang telah disepakati.

Ia juga menyebutkan, pihaknya akan mengikuti ketentuan yang diberikan kewenangan untuk mengawasi dan memberikan petunjuk serta penjelasan dalam melaksanakan ketentuan yang telah diatur dalam peraturan perundang-undangan.

“Apa aturan kita, maka itu yang kita terapkan dengan baik. Kita juga akan mengikuti ketentuan yang diberikan sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kejari Palopo Agus Riyanto mengatakan kerjasama antara Kejari Palopo dengan Pemkot Palpo dan Bank Sulselbar dalam rangka menciptakan sinergi dan kolaborasi agar tidak ada kendala, baik dalam investasi perbankan maupun dukungan Bank Sulselbar kepada Pemkot setempat.

“Terkait kerjasama ini tentunya kejaksaan akan selalu berperan aktif demi kelancaran keamanan dan kenyamanan dalam proses pembangunan program kerja Pemkot Palopo,” ujarnya.

Bukan hanya untuk tahun ini, katanya, tapi juga sebagai persiapan ke depan karena semua pihak sudah mempersiapkan Pemilu 2024, sehingga apa yang dilakukan berkaitan dengan visi misi bagaimana mengamankan Kota Palopo selama pencoblosan hingga pelantikan. pejabat terpilih nantinya.

Pimpinan PT Bank Sulselbar Cabang Utama Palopo yang diwakili Kepala Bagian Pemasaran Rolli menyampaikan bahwa penandatanganan MoU ini akan menjadi solusi, silaturahmi dan kepastian hukum bagi semua pihak sehingga apa yang diharapkan bersama menjadi tujuan bersama.

Menurutnya, Bank Sulselbar Cabang Utama Palopo selalu siap bekerjasama dengan Pemkot Palopo, seluruh organisasi kepolisian daerah (OPD) dan juga Kejaksaan Negeri Palopo.
 

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024