Jakarta (ANTARA) - Tim pengawas haji DPR RI melakukan pengecekan terkait kesiapan petugas kesehatan jelang puncak ibadah haji.

"kami berharap mudah-mudahan dengan kehadiran para tenaga kesehatan dapat melindungi para jemaah-jemaah haji dalam melaksanakan semua rangkaian puncak haji," kata Ketua Komisi VIII DPR Ashabul Kahfi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu.

Ashabul memimpin Timwas Haji DPR mengunjungi Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKIH) di Kota Makkah, Arab Saudi, Sabtu (24/6).

Dalam kunjungan itu, Timwas haji DPR sudah mendengarkan penjelasan terkait kesiapannya jelang puncak haji di Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armuzna).

"Total ada 227 petugas kesehatan untuk melayani jemaah haji Indonesia," ujarnya.

Dia berpesan kepada para petugas kesehatan juga harus menjaga diri. Jangan sampai mereka melayani dan tidak dalam kondisi prima.

"Jadi, saya minta agar para petugas tetap menjaga kesehatan, istirahat juga yang cukup dan makan dengan gizi yang baik, jangan lupa siapkan vitamin, itu penting," katanya.

Menurut dia, para tenaga kesehatan yang ada di KKIH Madinah sudah bekerja keras siang malam tanpa kenal lelah untuk melayani pasien. Apalagi, terdapat pengurangan tenaga kesehatan dari 23 orang menjadi 13 orang.

"Kami sudah melihat di sejumlah kamar, cukup banyak jamah haji lanjut usia yang dirawat," ujarnya.

Pewarta : Fauzi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024