Makassar (ANTARA) - PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan, Tenggara, dan Barat (UID Sulselrabar) menyambungkan listrik secara gratis kepada 449 pelanggan keluarga  pra sejahtera melalui program Light Up The Dream dalam rangka Semarak HUT ke 78 Kemerdekaan RI.

Light Up The Dream adalah program yang digagas oleh insan PLN berupa pengumpulan donasi yang sudah banyak membantu masyarakat pra sejahtera untuk mendapatkan sambungan listrik gratis.

General Manager PLN UID Sulselrabar Moch Andy Adchaminoerdin di Makassar, Kamis, mengatakan bahwa Program Light Up The Dream dari PLN merupakan salah satu cara untuk membantu warga-warga yang belum tercatat untuk memperoleh bantuan dari pemerintah.

“Salah satu peran dari pemerintah adalah membantu masyarakat yang kurang mampu. PLN melalui program Light Up The Dream ini membantu mengisi celah-celah yang belum terjangkau oleh pemerintah," ujarnya.

Program ini, kata Andy, merupakan hasil donasi dari insan PLN yang menyisihkan sebagian rejekinya untuk dapat dikelola, agar masyarakat bisa mendapatkan listrik.

Listrik sekarang sudah menjadi kebutuhan pokok, sehingga PLN memandang perlunya pemerataan listrik ke seluruh lapisan masyarakat.

"Kami berbahagia melihat senyum pelanggan yang sekarang bisa menikmati listrik, sehingga nantinya bisa berimbas kepada masyarakat yang makin produktif dan bahagia," urai Andy.

Dia tidak lupa memberikan apresiasi kepada karyawan dan karyawati atas peran, serta kerelaannya dalam menyisihkan sebagian rejekinya untuk program ini. Maka diharapkan kepada penerima penyambungan listrik gratis yang terpasang dapat digunakan sebaik dan sebijak mungkin.

Secara nasional, PLN menyalakan llistrik sebanyak 1.400 pelanggan secara serentak pada 22 Agustus 2023. Sebanyak 449 pelanggan di antaranya berasal dari wilayah kerja PLN UID Sulselrabar.

Acara penyalaan serentak ini dibuka oleh Edi Srimulyanti selaku Direktur Niaga dan Retail PLN secara daring. Edi menyampaikan bahwa program Light Up The Dream ini berkomitmen untuk membantu masyarakat pra sejahtera menikmati listrik.

Melalui program ini, insan PLN dapat melihat indahnya berbagi kepada masyarakat untuk memberikan harapan baru. Light Up The Dream berkomitmen membantu masyarakat pra sejahtera untuk menikmati listrik.

"Kebahagiaan sesungguhnya adalah bahagia saat menyaksikan orang lain berbahagia, dan ada andil kita dalam di dalamnya,” ujar dia.

Pada kesempatan ini, PLN UID Sulselrabar menggelar penyalaan serentak di dua tempat yaitu di Desa Wolo Kolaka utara dan Kampung Lette Tanjung Merdeka, Makassar. Acara ini juga dirangkaikan dengan penyerahan bantuan sembako kepada masyarakat setempat oleh Yayasan Baitul Maal (YBM) dan PLN UID Sulselrabar.

Baca juga: PLN UID Sulselrabar masukkan infrastruktur di destinasi Luppung Bulukumba

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024