Mamuju (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat meraih piagam penghargaan dari Asosiasi Big Data dan AI (ABDI) atas kesuksesan pemerintah setempat dalam mendorong Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM) menuju era digitalisasi.

"Penghargaan ini diberikan atas kesuksesan Pemprov Sulbar mendorong SDA dan SDM menuju era digitalisasi," kata Penjabat Gubernur Sulbar Zudan Arif Fakrulloh, melalui rilis yang diterima Antara, di Mamuju, Rabu.

Penyerahan sertifikat penghargaan itu berlangsung pada acara Web Summit Data Gov Ai Anugerah Apresiasi Awards dan peluncuran buku ABDI 2023 keenam, di Jakarta Convention Center.

Selain penghargaan kepada pemerintah provinsi, Penjabat Gubernur Sulbar Zudan Arif Fakrulloh juga menerima penghargaan dari ABDI, kategori pemimpin yang berhasil melakukan transformasi digital dalam organisasi publik.

Penjabat Gubernur Sulbar berharap penghargaan tersebut dapat menjadi motivasi bagi organisasi perangkat daerah
(OPD) untuk terus mendorong digitalisasi di lingkup Pemprov Sulbar.

"Saya berharap penghargaan ini menjadi motivasi seluruh OPD, dengan niat membahagiakan dan memberikan kepastian kepada masyarakat melalui pelayanan terbaik," kata Zudan Arif Fakrulloh.

Ia menyampaikan bahwa beberapa program dalam rangka transformasi digital yang telah dilakukan Pemprov Sulbar, yakni pengembangan tanda tangan elektronik.

"Selain itu, kami juga mengajak para ASN lingkup Pemprov Sulbar untuk terus aktif secara digital, baik dalam memberikan pelayanan maupun dalam mempromosikan potensi SDA yang dimiliki Sulbar," kata Zudan Arif Fakrulloh.

Dalam hal pelayanan, menurut dia, diperlukan kebijakan afirmatif yang artinya memberikan pelayanan yang menyebar ke setiap kelompok masyarakat.

Di era peradaban 4.0 seperti saat ini, kebergantungan terhadap teknologi sangat tinggi.

"Namun, perlu diketahui bahwa masyarakat di Sulbar, 50 sampai 60 persen merupakan masyarakat agraris. Di kelompok ini, masih ada yang tidak tahu membaca dan tidak mau sekolah sehingga butuh tindakan afirmatif," ucap Zudan Arif Fakrulloh.*

Pewarta : Amirullah
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024