Mamuju (ANTARA) - Penjabat Gubernur Sulawesi Barat Zudan Arif Fakrulloh mendorong seluruh aparatur sipil negara (ASN) melakukan inovasi untuk kemajuan daerah itu.

"Saya berharap ASN terus berbenah dan meningkatkan inovasi dalam bekerja untuk kemajuan daerah kita," katanya pada pertemuan dengan pejabat administrator lingkup Pemprov Sulbar di Mamuju, Kamis.

Kepada para pejabat administrator ia memberikan motivasi serta dorongan agar dalam bekerja menjadikan inovasi sebagai ruh utama dalam birokrasi.

"Inovasi menjadi penting karena ada banyak hal yang harus diselesaikan dengan langkah inovatif. Saya ingin inovasi menjadi ruh di birokrasi. Jadi saya mengajak seluruh ASN jadikan inovasi sebagai ruh dalam birokrasi di Sulbar," jelas Zudan Arif Fakrulloh.

Penjabat Gubernur melihat ASN di Sulbar memiliki potensi yang hebat, terutama pejabat eselon yang ada saat ini memiliki kemampuan yang baik.

Penjabat Gubernur menyampaikan bahwa melalui pekan inovasi yang sudah dijalankan sejak Nopember 2023 sudah terdapat 57 inovasi yang sudah dipaparkan.

"Ini perlu ditindaklanjuti karena dapat menyelesaikan berbagai masalah. Misalnya stunting, kemiskinan ekstrem, anak putus sekolah serta pernikahan anak," terang Zudan Arif Fakrulloh.

Tidak hanya itu, melalui inovasi yang dimiliki para ASN, lanjutnya, dapat lebih memudahkan bekerja.

"Salah satu contohnya yaitu bagaimana digitalisasi membangun big data kemudian mendorong semua pelayan secara digital," ujar Zudan Arif Fakrulloh.

Kemudian, lanjut Penjabat Gubernur, berinovasi untuk memberikan manfaat kepada masyarakat, misalnya pajak kendaraan bermotor, mendidik anak agar bisa rajin belajar serta bagaimana memberikan pelatihan secara daring bagi siswa.

"Inovasi ini saya dorong pertama untuk Eselon III. Ke depan, juga saya mendorong para guru, dan para kepala sekolah, termasuk Eselon II. Semangatnya, inovasi harus dilakukan semua pihak," kata Zudan Arif Fakrulloh.

Pewarta : Amirullah
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024