Makassar (ANTARA) - Destinasi wisata Pantai Bira yang terletak di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan ramai dikunjungi pada akhir pekan menjelang bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah.

"Dalam kondisi biasa atau normal biasanya pengunjung 7-8 ribu orang per Minggu, namun dalam kondisi padat pengunjung jelang hari keagamaan atau momen hari raya nasional bisa mencapai 15 ribu pengunjung," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (UPT Disparpora) Bulukumba Mustamar di Kabupaten Bulukumba, Sabtu.

Dia mengatakan, sudah menjadi tradisi setiap akhir pekan menjelang Ramadan banyak kunjungan wisata baik dari warga setempat maupun dari luar Bulukumba.

Sementara pencapaian jumlah kunjungan di kawasan Pantai Bira termasuk titik nol yang menjadi destinasi andalan Bumi Panrita lopi ini, pada Januari 2024 mencapai 34.878 orang wisatawan Nusantara (Wisnu) dan 341 orang wisatawan mancanegara (Wisman), sehingga total kunjungan 35.219 orang.

Sedang pada Bulan Februari Wisnu 21.797 orang dan Mancanegara 126 orang, dengan demikian totalnya 21.923 orang.

Sementara itu salah seorang pengunjung di Pantai Bira, Nurul Ilmi mengatakan, berakhir pekan bersama keluarga sudah menjadi agenda setiap akan memasuki bulan suci Ramadhan.

Apalagi saat ini sudah ada pelayanan rute baru Perum DAMRI yang melayani rute Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar ke Pantai Bira setiap hari sejak 1 Maret 2024.

"Juga ada diskon tiket 25 persen dari harga normal Rp200 ribu per orang menjadi Rp150 ribu per orang," katanya. Suasana kunjungan wisata di kawasan Pantai Bira di Kabupaten Bulukumba, Sulsel, Sabtu (9/3/2024). Antara/ Suriani Mappong

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024