Makassar (ANTARA) -
Universitas Bosowa (Unibos) Kota Makassar, Sulawesi Selatan, melalui Program Studi (Prodi) Hubungan Internasional (HI) menggelar pameran daur ulang di penghujung masa semester genap tahun ajaran 2023/2024.
 
Zulkhair Burhan selaku Dosen Prodi HI melalui keterangannya di Makassar, Jumat, menyebut bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya untuk mengatasi keterbatasan berekspresi di kelas dan membuat cara belajar lebih santai.
 
“Saya menganggap kelas itu dulunya kaku. sehingga kita jadi tidak jujur, takut bertanya, dan lain-lainnya. Makanya kami buat kegiatan ini. Jangan hanya melihat pameran ini dari konteks estetikanya saja, tapi bagaimana ada produksi ruang belakang yang nyaman dan aman, tidak ada diskriminasi, rasisme di kelas-kelas kita,” ucapnya.
 
Burhan yang juga Wakil Dekan II FISIP Unibos menyebut pada pameran ini ditampilkan berbagai karya yang merepresentasikan isu-isu lokal dan internasional, seperti isu HAM, gender, lingkungan, politik, dan berbagai isu lainnya.
 
Kegiatan ini mengangkat tema “404: Not Found” yang turut melibatkan dosen dan mahasiswa Prodi HI Unibos.
 
Selanjutnya dalam rangkaian pameran, mahasiswa juga menampilkan pertunjukan lainnya seperti video dokumenter, video riset ekonomi kreatif dan pembangunan nasional, gender art performance, dan berbagai penampilan seni lainnya yang dilengkapi dengan diskusi publik.
 
Ketua Panitia Raditya Erlangga menjelaskan pameran ini bertujuan menyuarakan isu-isu global yang merepresentasikan hilangnya regulasi-regulasi baik pada isu kemanusiaan, lingkungan, dan lain sebagainya.
 
“Tema 404: Not Found yang kita usung kali ini sesuatu yang mengangkat hal-hal yang kini tidak ada dan hilang di dunia, mulai dari persoalan hak asasi manusia, kebenaran yang membawa kita pada suatu krisis sebagaimana yang didiskusikan di kelas sepanjang semester ini, lalu dipresentasikan dalam karya seni,” jelasnya.
 
Selanjutnya ia juga menyebutkan agar mahasiswa dan dosen yang turut hadir pada kegiatan ini bisa menyaksikan hasil dari karya yang telah dibuat sebagai proyek akhir dari Mahasiswa Prodi HI Unibos.
 
“Kami harap yang hadir bisa melihat hal ini sebagai proses yang bisa diperoleh bersama. Pameran di ruang kelas ini bisa jadi wadah untuk kita semua berkarya dan merefleksikan keresahan atas kondisi dan dinamika global saat ini,” ujarnya.

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024