Makassar (ANTARA) - Bakal calon wakil gubernur (Bacawagub) Sulawesi Selatan Fatmawati Rusdi mengajak kaum muda untuk lebih peduli pada politik agar berperan aktif dalam membangun daerah, mengingat generasi milenial merupakan penerus bangsa. 

"Oleh karena itu, kami berharap kaum milenial punya kapasitas untuk maju berkontribusi untuk daerahnya. Tentu, saya mengajak kaum milenial agar melek politik. Karena ketika milenial bergerak perbaikan sistem demokrasi lebih cepat," kata Fatmawati saat menggelar diskusi dengan ratusan milenial di Desa Punagaya Bangkala, Kabupaten Jeneponto, Sabtu.

Sejumlah perempuan milenial dalam momentum ini juga mempertanyakan posisi dan peran perempuan dalam politik, mengingat perempuan sering dipandang sebelah mata di dunia politik.

Fatma, yang termasuk dalam daftar perempuan berpengaruh di Indonesia versi Dream.co.id, menegaskan kehadiran perempuan sebagai kader politik potensial tidak boleh lagi dianggap remeh. 

"Bagi saya, pandangan perempuan hanya bisa di kasur, di dapur, dan di sumur itu sudah tidak berlaku lagi di era sekarang. Kalau bicara di perpolitikan kuota perempuan itu sudah mencapai 30 persen, bahkan NasDem itu mengakomodir keterwakilan perempuan sebanyak 34 persen di parlemen pusat," jelasnya.

Menurut Wakil Ketua Umum INSA ini, kaum perempuan tidak lagi termarjinalkan, dengan banyaknya perempuan yang kini menduduki peran strategis di Indonesia.

"Tentu, saya pikir kita sudah selesai dengan masalah perempuan yang selalu terpinggirkan," ujarnya.

Politisi yang pernah menjadi wakil wali kota perempuan pertama di Makassar itu menyatakan perempuan mampu menjalankan berbagai peran, baik sebagai ibu, istri, maupun profesional di pemerintahan atau swasta.

"Di Jeneponto juga keterwakilan perempuan Partai NasDem sudah di atas 30 persen. Jadi, kita tidak boleh pesimis. Banyak loh entrepreneur perempuan yang hebat, artis dan selebgram itu, tiktokers banyak dari perempuan," kata caleg DPR RI terpilih pada Pileg 2024 ini.

Pada diskusi tersebut, respons kaum milenial setempat sangat positif. Salah satunya adalah Al Animul Fadhil, yang berharap program yang diusung pasangan ini di Sulsel, dapat memberikan manfaat nyata bagi anak muda dalam menghadapi tantangan zaman.

Mahasiswa Universitas Islam Makassar (UIM) ini juga menitipkan harapan agar sarana pendukung kegiatan pemuda diperbanyak.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024