Makassar (ANTARA) - Mahasiswa Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Makassar mengikuti program praktik kerja nyata (PKN) di industri perhotelan Taiwan.

"Ini merupakan perluasan dari program PKN di luar negeri yang sebelumnya telah sukses dilaksanakan di Malaysia," kata Direktur Poltekpar Makassar Dr Herry Rahmat Widjaya di Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu.

Dia mengatakan tujuan program PKN luar negeri ini untuk mencetak lulusan Poltekpar Makassar yang siap bersaing di tingkat Internasional.

Program intensif tersebut dilaksanakan selama setahun dari mahasiswa program studi D3 Divisi Kamar, D3 Tata Hidang, dan D4 Pengelolaan Perhotelan.

"Mereka akan mengikuti PKN di hotel-hotel berbintang 4 yang terkemuka di Kota Hsinchu City dan Nanto Country, Taiwan seperti Dar Lon Hotel, Sol hotel dan sSuccess Banner Hotel Taiwan," kata Herry.

Dia berharap, pengalaman langsung di lapangan ini diharapkan dapat membekali mahasiswa dengan keterampilan praktis yang dibutuhkan dalam dunia kerja yang semakin kompetitif.

Menurut dia, program PKN di luar negeri ini adalah implementasi konkret dari visi Poltekpar Makassar untuk menciptakan sumber daya manusia yang berdaya saing internasional.

Apalagi program ini sejalan dengan kurikulum ASEAN MRA- TP yang mewajibkan mahasiswa melakukan praktik kerja di industri selama dua semester.

Dengan mengikuti PKN di luar negeri mahasiswa memperoleh pengalaman kerja sekaligus memperluas jaringan dan wawasan global.

Salah seorang mahasiswa peserta PKN, Rezeki mengatakan sangat bersyukur mengikuti magang di Taiwan karena mendapatkan ilmu dan pengalaman baru sambil berupaya beradaptasi dengan lingkungan kerja yang berbeda.

"Alhamdulillah pihak hotel tempat magang kami sangat mendukung dan memberikan bimbingan yang baik," katanya.

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024