Makassar (ANTARA) - Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Sultan Hasanuddin Marsma TNI Bonang Bayuaji mengatakan Air Force Run 2024 pada 1 Desember mendatang, bukan sekadar ajang olahraga, namun juga mendukung kepariwisataan, sekaligus mengenalkan fasilitas TNI AU kepada masyarakat.

"Jadi kegiatan ini, bukan sekedar olahraga, tapi juga kegiatan rekreasi keluarga mendukung kegiatan pariwisata Sulawesi Selatan bahwa Sulawesi Selatan ini ada tempat yang ada aset negara yang bisa diketahui masyarakat," kata Bonang setelah konferensi pers di Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar, Jumat malam.

Pihak Lanud Sultan Hasanuddin akan memperkenalkan lebih dekat fasilitas TNI Angkatan Udara, karena pelari yang kuotanya 5.000 orang itu akan menemukan sejumlah sensasi dengan berlari di tengah runway.

Selain itu juga akan dimeriahkan dengan atraksi pesawat tempur Sukhoi dan pesawat TNI AU lainnya pada kompetisi kelas lomba lari 10 K dan 5 K dengan kategori open dan master ity.

Sementara dari sisi rekreasi dan mendorong pengembangan pariwisata Sulsel, lanjut Bonang, sejumlah titik akan menjadi spot menarik untuk berswafoto, karena sangat "instagramable".

"Jadi bisa berfoto dengan latar belakang pesawat ataupun saat ada atraksi. Kami juga menyiapkan hiburan dengan mendatangkan artis dan grup band lokal dan nasional seperti pada Air Force Run 2023," katanya.

Selain itu, pihak panitia juga menggandeng para UMKM untuk menjajakan aneka jajanan yang sehat dengan harga terjangkau.

"Hal untuk membantu menggeliatkan ekonomi di kalangan UMKM," katanya.

Air Force Run digelar Lanud Sultan Hasanuddin sekali setahun sejak 2019 dan Air Force Run 2024 ini merupakan yang ke-6 kalinya dengan menyiapkan hadiah menarik berupa uang tunai maupun hadiah hiburan.

Berkaitan dengan hal tersebut, pihak Panitia sudah mulai membuka pendaftaran secara daring dengan biaya pendaftaran Rp200 ribu untuk lomba lari 10K dan Rp175 ribu untuk lomba 5K.
  Danlanud Sultan Hasanuddin Marsma TNI Bonang Bayuaji Gautama foto bareng jajarannya usai konfrensi pers tentang
kegiatan Air Force Run 2024 di Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar, Jumat (11/10/2024). Antara (Suriani Mappong)

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024