Makassar (ANTARA Sulsel) - Pemerintah Kabupaten Luwu Timur bekerja sama dengn PT Vale menjangkau 500 orang siswa SD dalam sosialisasi kesehatan mata dan menjalani skrening kelainan mata. 

"Kegiatan tersebut merupakan bagian dari Program Terpadu Pengembangan Masyarakat (PTPM) yang disusun bersama perusahaan nikel PT Vale Indonesia, Pemerintah Kabupaten Luwu Timur, Universitas Hasanuddin dan stakeholder lainnya," kata Camat Wasuponda Joni Pattabi menanggapi kegiatan yang digelar di Kabupaten Lutim, Sulsel, Kamis.

Pemangku kepentingan lainnya yang dimaksud adalah Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI) Cabang Sulawesi Selatan dan Yayasan Axis Medica Peduli.

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari, 17-18 Desember 2014 dengan sasaran 1.000 siswa dari tujuh sekolah dasar di Kecamatan Wasuponda.

"Kami menyambut baik kegiatan ini dan mengharapkan agar kegiatan serupa juga dilakukan bagi siswa sekolah dasar di daerah lain di Kecamatan Wasuponda yang tidak jauh dari pusat kecamatan," kata Joni.

Menyikapi hal itu, PT Vale dan Pemkab Lutim melalui PTPM, akan menggelar program kesehatan mata untuk lima sekolah dasar di Desa Kawata dan Parumpanai pada Februari 2015.

Sementara itu, spesialis mata dari Universitas Hasanuddin, Makassar dr Ahmad Ashraf Amalius, MPH, SpM(K), MKes mengatakan, gangguan mata yang umum ditemukan pada anak-anak adalah miopia (rabunjauh-red).

"Sering juga kami temukan astigmatisme atau mata silindris. Di sini juga sama, kami temui beberapa anak yang perlu pakai kacamata meskipun masih dalam kategori gangguan ringan," kata dr Ahmad Ashraf.

Menurut Koordinator tim dokter dalam program kesehatan mata tersebut, dari hasil pemeriksaan mata hari pertama terdapat 18 anak yang mengalami gangguan refraksi dan akan diberikan bantuan kacamata.

Sedang Kepala Sekolah SD 258 Sinongko Hasmiati Abby mengatakan, pelaku pendidikan menyambut baik kegiatan tersebut.

"Banyak siswa kami yang punya gangguan penglihatan dan hal itu mengganggu konsentrasi belajar mereka. Kami senang sekali PTPM bisa menjangkau siswa-siswa kami," ujarnya.

Selain program kesehatan mata anak, dalam rangkaian program ini kan dilaksanakan juga pemeriksaan ketajaman penglihatan dan operasi katarak untuk 20 pasien Lansia di Kecamatan Nuha pada 20-21 Desember 2014 di RS Inco (Vale) Sorowako. FC Kuen

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024