Bantaeng, Sulsel (ANTARA Sulsel) - Sebanyak 47 orang remaja masuk final Pemilihan Dara dan Daeng Bantaeng 2015 memperebutkan gelar Dara dan Daeng Bantaeng 2015 tingkat remaja serta tingkat junior (Dara dan Daeng Bantaeng Cilik 2015).

"Para pemegang gelar terpilih nantinya akan mewakili Bantaeng pada ajang serupa untuk tingkat provinsi Sulsel," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bantaeng HA Hartawan Zainuddin di Bantaeng Selasa, Selasa.

Sebelumnya kegiatan yang diprakarsai Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bantaeng bekerja sama Yayasan Cinta Bantaeng yang diselenggarakan di Tribun Pantai Seruni, Minggu (29/3) malam disaksikan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bantaeng Hj Nurhayati, Sekretaris Daerah Kabupaten Bantaeng H Abdul Gani.

Selain itu, hadir pula Pimpinan Cabang Bank BRI Bantaeng, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bantaeng HA Hartawan Zainuddin, Kepala BKD dan Diklat Daerah Kabupaten Bantaeng H Asri Syahrun, Ketua GOW Kabupaten Bantaeng Hj Aisyah Yasin dan Ketua Dharma Wanita Kabupaten Bantaeng Ny Hj Nuraeni Gani.

Hartawan Zainuddin berharap, penyelenggaraan pemilihan bisa lebih kreatif pada masa mendatang.

"Ke depan bisa saja kegiatan seperti ini tidak di catwalk, tapi mungkin di jalan raya, atau mungkin bisa berkeliling di area Pantai Seruni agar bisa disaksikan banyak orang, bukan hanya dari Kabupaten Bantaeng, tetapi dari seluruh kota-kota yang ada di Sulawesi Selatan. Dan kemungkinan besar akan dihadiri peserta dari luar Pulau Sulawesi. Ini memungkinkan karena Kabupaten Bantaeng telah menjadi idola di Indonesia," katanya.

Sementara itu Sekda H Abd Gani mengatakan kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan wadah untuk melestarikan budaya Kabupaten Bantaeng.

Perkembangan kebudayaan diharapkan mampu menciptakan iklim yang kondusif dan harmonis. Sehingga nilai-nilai kearifan lokal mampu merespon era globalisasi secara positif.

"Pemkab Bantaeng berharap secara khusus melalui kegiatan Dara dan Daeng ini agar juara terpilih dapat mewakili Kabupaten Bantaeng pada event-event selanjutnya, baik pada tingkat provinsi maupun nasional," katanya.

Para kandidat tersebut telah dibekali berbagai ilmu dan pengetahuan, khususnya mengenai Kabupaten Bantaeng dari sejumlah bidang. Namun dalam perjalanannya, bagi juara terpilih akan terus dibimbing dan dibekali pengetahuan tambahan. Agus Setiawan

Pewarta : Nurhaya J Panga
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024