Makassar (ANTARA Sulsel) - Ritual Kismin atau penyucian sejumlah patung Dewa-Dewi di Klenteng Xian Ma jalan Sulawesi, Makassar, Sulawesi Selatan mulai dilakukan untuk menyambut perayaan Imlek 2016.

"Setiap tahun memang dilakukan ritual ini menjelang Imlek atau persisnya satu minggu sebelum perayaan," kata pengurus Vihara Klenteng Xiang Ma, Yenni disela penyucian patung di Makassar, Senin.

Menurut dia penyucian sebanyak 30 patung dewa dan dewi di klenteng tersebut dilakukan setiap tahun menjelang Tahun Baru China atau Imlek dengan mengadirikan seluruh pengurus Vihara yang disebut `Lozhu`.

"Ini sebagai ajaran untuk penyucian diri menjelang tahun baru, agar memasuki tahun baru nanti jiwa dan raga akan suci dari kesalahan dan penyakit hati," ujarnya menyakini.

Kendati tahun ini merupakan shio `Monyet Api`, kata dia, merupakan tahun yang baik. Selain itu dibalik ritual kismin dipercaya sebagai bentuk penyucian diri dan sudah menjadi keharusan seluruh patung di bersihkan dari debu serta kotoran satu persatu.

"Berdasarkan petunjuk saat ini seluruh dewa sudah naik ke langit, dengan itu ada waktu untuk melakukan penyucian sesuai dengan harinya, maka setiap patung dewa berjumlah 30 segera disucikan," paparnya.

Sebelum penyucian ini, lanjutnya dilakukan ritual lain dengan membakar dupa serta berdoa kepada dewa-dewi untuk diberikan izin dikeluarkan dari tempatnya bersemayam. Ritual ini diharuskan menggunakan jubah berwarna hitam.

"Kami berdoa dulu meminta izin baru dilakkukan penyucian sebagai penghargaan atas seluruh berkah dan rezki diberikan para dewa," katanya.

Sementara Franky salah satu pengurus pada kesempatan itu menambahkan ritual itu memang dilakukan setiap tahun menjelang Imlek. Hampir semua viraha di Makassar melakukan ritual ini. Selain itu bukan hanya patung seluruh lantai vihara diketahui berlantai lima itu dibersihkan.

"Setelah ini lantai akan dibersihkan dan di pel, kalaupun ada dinding vihara yang kusam maka di cat. Semua harus terlihat bersih dan kelihatan baru saat pelaksaan imlek," tuturnya.

Diketahui vihara ini sudah menjadi vihara terbesar dan termegah di Makassar dan paling banyak di kunjungi masyrakat ketika pelaksanaan imlek jatuh pada 8 Februari 2016.

Diperkirakan lebih dari lima ribu orang akan datang sembahyang di Klenteng Xian Ma ini pada saat hari Imlek nanti. Berdasarkan pantauan, persiapan Imlek juga terlihat di sejumlah Vihara yang berdekatan dengan Klenten tersebut. Bahkan jalan Sulawesi mulai dipasangi aksesoris lampion berwarah merah.

Warga Thionghoa juga sudah mempersiapkan perayaan imlek dengan membeli perlengkapan imlek seperti baju, pernak-pernik, buah-buhanan hingga makanan khas imlek yang dijual berdekatan dengan vihara tersebut.

Pewarta : Darwin Fatir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024