Makassar (Antara Sulsel) - Mantan Gubernur Sulawesi Selatan H Zaenal Basri Palaguna memberikan restu kepada kedua tokoh Sulawesi Selatan yang menjadi Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel Nurdin Halid-Aziz Qahhar Mudzakkar untuk maju bertarung pada Pemilihan Gubernur 2018.

"Jalan saja nak, jangan terlalu banyak menengok ke masa lalu," tutur Palaguna dalam pertemuannya dengan Aziz di kediaman pribadinya, Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat.

Selain itu dirinya sengaja memanggil khusus Aziz karena ingin memberikan nasihat dan wejangan-wejangan tentang kepemimpinan. Bahkan dalam pertemuan itu, Palaguna bercerita tentang kenangan masa kecilnya di Kabupaten Soppeng, Sulsel.

Kala itu belum mencuatnya DI/TII, Palaguna kecil menyaksikan langsung bagaimana ayah Aziz, yakni Qahhar Mudzakkar berpidato di depan masyarakat. Dia terkagum akan kehebatan Kahar berpidato yang memengaruhi masyarakat saat itu.

"Saya ingin menjadi seperti Kahar," ujar pria kelahiran Enrekang 1939 ini. Petikan kalimat tersebut dituturkan Aziz Qahhar dalam pertemuan itu, kekaguman Palaguna juga berkaitan dengan kesungguhan Kahar menjalankan agama.

"Banyak tokoh agama, tapi belum tentu seperti Kahar dalam menjalankan agama," katanya. Pertemuan itu juga dihadiri istri Nurdin Halid, Andi Nurbaini serta istri Palaguna, Hj Normi Palaguna.

Meski demikian, Purnawirawan berpangkat Mayor Jenderal TNI pernah menjabat mantan Pangdam VII Wirabuana (1991-1993) ini meminta Aziz untuk tidak dihantui masa lalu, sebab masa lalu hanya bisa dikenang, tapi tidak bisa dijadikan momok ataupun ketakutan.

Sebelumnya, Nurdin Halid juga menemui Palaguna sehari sebelum Aziz, kedatangnya untuk meminta nasihat dan wejangan kepada mantan Gubernur dua priode itu (1993-2003) tentang programnya serta visi misinya membangun kampung.

Meskipun tidak didampingi Aziz, Palaguna merestui niat baiknya untuk kembali membangun kampung, dan meminta Nurdin agar Aziz menemui dirinya secara khusus.

Usai pertemuan, Aziz sempat mendoakan Palaguna agar diberikan kesehatan dan kekuatan untuk terus sehat dalam menjalani kehidupannya dimasa pensiun.

"Apa yang kita nikmati di Sulsel saat ini, sedikit banyak karena jasanya," ucap Aziz kini masih menjabat sebagai Senator, anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) di Senayan.

Pewarta : Darwin Fatir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024