Gowa (Antara Sulsel) - Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan pada rapat paripurna istimewa dalam rangka Peringatan Hari Jadi ke-697 Tahun Kabupaten Gowa mengaku senang karena indeks pembangunan manusia (IPM) warganya meningkat.

"IPM warga Gowa meningkat, itu artinya program-program kita berjalan dan semoga indeks itu terus meningkat setiap tahunnya," ujar Adnan Purichta Ichsan, di Gowa, Kamis.

Berdasarkan data yang diterimanya dari Badan Pusat Statistik (BPS), IPM Gowa tahun 2016 berada pada angka 67-70 persen, meningkat dari tahun sebelumnya hanya sebesar 66-67 persen.

Adnan mengaku, meningkatnya indeks pembangunan manusia itu didasarkan pada beberapa aspek, seperti kualitas hidup masyarakat yang digambarkan melalui capaian indikator

"Kita bisa lihat, capaian indeks kualitas hidup masyarakat Gowa berdasarkan data BPS tahun 2015 itu hanya 66-67 persen, tapi di tahun berikutnya sudah meningkat menjadi 67-70 persen," ujarnya lagi.

Bukan cuma itu, indeks pembangunan manusia (IPM) yang meliputi empat indikator komposit, dengan angka harapan hidup naik dari 69,88 tahun 2015 menjadi 69,92 tahun 2016.

Sedangkan untuk harapan lama sekolah naik dari 12,74 tahun menjadi 13,03 tahun, dan rata-rata lama sekolah naik dari 7,24 tahun menjadi 7,52 tahun.

Kemudian, pengeluaran paritas daya beli naik dari Rp857.800 menjadi Rp871.700.

"Gowa yang lebih baik dapat dicapai jika kita senantiasa bergandengan tangan secara bersama-sama dengan bekerja keras, berat sama dipikul dan ringan sama dijinjing," ujarnya lagi.

Dikatakannya, hari jadi Gowa bukanlah rutinitas belaka, tetapi hendaknya dijadikan momentum untuk melakukan introspeksi atau muhasabah dan melakukan evaluasi terhadap apa yang telah kita lakukan saat ini, apakah telah membawa manfaat bagi kesejahteraan rakyat Gowa.

Selain itu, kata bupati termuda di KTI ini, "Kita menyusun rencana aksi ke depan, ke arah mana daerah ini akan kita bawa dengan mempersiapkan modal dasar untuk menjawab tantangan zaman yang tentu saja semakin sulit dan penuh tantangan."

"Proyeksi ke depan itulah yang telah kita jabarkan dalam bentuk dokumen perencanaan RPJMD di dalamnya memuat visi Kabupaten Gowa Tahun 2016-2021 yaitu, `Terwujudnya Masyarakat Yang Berkualitas, Mandiri, dan Berdaya Saing dengan Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik," ujarnya lagi.

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024