Lantamal VI latih kader Pokwasmas antisipasi bencana banjir

id Lantamal VI Makassar,Pelindo iv,Sampah,Hkbn,Banjir

Nelayan melintas di dekat himbauan 'stop kotori laut' di kawasan pantai Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (31/12/2018). Himbaun tersebut sebagai upaya mengajak masyarakat menjaga kebersihan pantai dan laut sekaligus kampanye pengurangan penggunaan sampah plastik. ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Makassar (ANTARA) - Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI) bekerja sama dengan Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Makassar melatih 45 orang Kader Pelopor Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Penanggulangan Sampah dan Kebersihan Kanal di Kota Makassar untuk mengantisipasi bencana banjir.

Kegiatan yang mendukung peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) 2019 digelar di Gedung Sultan Hasanuddin Mako Lantamal VI di Makassar, Rabu.

"Pelatihan Pokmaswas Penanggulangan Sampah Menuju Pelabuhan Makassar Zero Sampah Tahun 2021 ini melibatkan semua stakeholder untuk saling mendukung, " Wakil Komandan (Wadan) Lantamal VI Kolonel Laut (P) Hanarko Djodi Pamungkas mewakili Danlantamal VI.

Dia mengatakan, pelatihan ini dimaksudkan untuk mencetak kader-kader pelopor kebersihan di sepanjang kanal agar dapat membantu masyarakat dalam membiasakan menjaga kebersihan kanal/sungai di wilayah penduduk dari sampah. 

"Dengan demikian diharapkan sampah-sampah yang ada di sepanjang kanal/sungai di sekitar masjid Al Markaz tidak lagi terbuang ke laut karena laut memang bukan tempat pembuangan sampah," ujarnya.

Dengan demikian, lanjut dia, diperlukan kesadaran bersama untuk tidak membuang sampah ke sungai dan kanal atau ke laut demi masa depan kehidupan anak cucu serta generasi mendatang.

Sementara itu, Kepala Otoritas Pelabuhan Utama Makassar Rahmatullah menyampaikan bahwa pelatihan ini adalah sebagai rangkaian dari kegiatan Program Padat Karya Aksi Massal Bersih Kanal Pannampu yang akan dilaksanakan pada tanggal 24 - 27 April 2019.

Ia mengatakan sebanyak 45 orang yang berasal dari masyarakat sekitar kanal. Nantinya ke-45 orang tersebut akan menjadi Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) yang bertugas memberikan penyuluhan dan melakukan pengawasan kepada masyarakat sekitar agar tidak membuang sampah ke kanal.

Selanjutnya 45 orang Pokmawas akan mengajak 10 orang yang akan bergabung untuk melaksanakan Program Padat Karya Aksi Massal Bersih-bersih Kanal 284 sepanjang 2,8 Kilometer di mulai dari Masjid Al Markaz sampai Trashrack Pannampu pada 28 April 2019.

 
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar