Festival pesona Adira Finance di Makassar suguhkan kekayaan budaya lokal

id Adira finance, festival budaya, gubenur sulsel, Makassar, CSR Adira Finance

Festival pesona Adira Finance di Makassar suguhkan kekayaan budaya lokal

Sejumlah peserta mengikuti Festival Pesona Lokal digelar Adira Finance di Mal Pipo Makasar, Sulawesi Selatan, Sabtu (13/10/2019). ANTARA/Darwin Fatir.

Makassar (ANTARA) - Festival Pesona Lokal 2019 yang diselenggarakan perusahaan pembiayaan Adira Finance di lapangan Parkir Phinisi Point Mal Makassar, Sulawesi Selatan bertajuk 'Rasakan Sensasi Pesona Lokal' dipadati ribuan pengunjung, Sabtu.

Para pengunjung tertarik untuk datang melihat langsung parade pakaian khas kekayaan budaya dan kearifan lokal di Sulawesi yang dibawakan peserta dari beberapa daerah.

Direktur Keuangan Adira Finance, I Dewa Made Susila kepada wartawan mengatakan pihaknya sangat senang pada kesempatan kali ini dapat menggelar acara Festival Pesona Lokal untuk kedua kalinya di Makassar dengan sangat meriah.

"Semoga kegiatan ini bisa menumbuhkan rasa cinta akan budaya dan kearifan lokal yang kita miliki dan juga berperan aktif untuk turut serta mempromosikannya, serta menjadi atraksi yang ikonis di Makassar agar menambah minat wisatawan domestik dan mancanegara untuk berkunjung," ujar Dewa.

Festival Pesona Lokal kata dia, merupakan program CSR Adira Finance bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata (Pesona Indonesia) dan stasiun televisi nasional RCTI bertujuan untuk mempromosikan potensi budaya, pariwisata dan kearifan lokal suatu daerah.

Ia menyampaikan dalam rangkaian HUT Adira Finance ke-29 tahun ini, festival pesona lokal merupakan wujud keinginan untuk turut mempromosikan potensi dan kearifan lokal daerah khususnya di bidang pariwisata budaya kesenian dan UKM, serta UMKM.

Melalui berbagai kegiatan, lanjut dia, seperti yaitu parade karnaval budaya, lomba tari kontemporer, lomba desain motif khas lokal kontemporer, lomba ala selebgram, pasar otomotif, festival kuliner serta aneka permainan lokal dan pasar aneka produk lokal.

"Kegiatan ini tidak luput dari dukungan dari Adira insurance multifinance, bank dan seluruh perusahaan sponsor lainnya. Saya berharap semoga acara ini berjalan lancar meriah dan dapat menghibur seluruh pengunjung yang hadir pada siang hingga malam ini," tambahnya.

Kegiatan tersebut dibuka Gubernur Sulsel HM Nurdin Abdullah bersama jajaran Direksi Adira Finance, Direktur Keuangan Adira Finance, I Dewa Made Susila, Wakil Direktur Marketing Roda Dua Adira Finance Andy Sutanto, Wakil Direktur IT Adira Finance Dodi Yuliarso Soewandi.

Kepala Wilayah Area Sulawesi, Maluku dan Papua Adira Finance Nanang Kurniawan, dan Chief Marketing Officer Adira Insurance Wayan Pariama. Kegiatan ini juga menghadirkan berbagai perlombaan dan hiburan untuk masyarakat.

Sebanyak lebih dari 7.500 pengunjung memadati Pipo Mall, yang terdiri dari ekosistem Adira Finance seperti karyawan, dealer, agen, dan mitra bisnis, komunitas, pelajar, dan masyarakat umum ikut ambil bagian dalam memeriahkan Festival Pesona Lokal Makassar.

Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah dalam acara itu ikut menyapa pengunjung dan masyarakat yang hadir, serta mengajak mereka untuk turut mempromosikan pariwisata dan kearifan lokal daerah Sulsel.

"Pemerintah Provinsi Sulsel menyampaikan terima kasih kepada seluruh manajemen Adira yang telah memberikan perhatian yang besar terhadap menghidupkan kearifan lokal kita," katanya.

Gubenur berharap semoga kegiatan ini bisa dinikmati bersama dan seluruh pengunjung yang hadir hadir ikut mensukseskan acara ini sampai selesai.

Tidak hanya itu, Pemprov Sulsel juga menawarkan kerja sama kepada pihak Adira Finance di tahun mendatang bisa diselenggarakan kegiatan bersama pagelaran budaya yang juga bertepatan perayaan HUT Sulsel tahun depan.

"Saya berharap tahun depan bisa dikolaborasikan dengan Adira untuk pelaksanaan festival budaya dan lebih meriah dari tahun ini," katanya.

Berdasarkan pantauan serangkaian kegiatan antara lain Parade Karnaval Budaya yang diikuti 700 peserta. Merek menampilkan atraksi kekayaan budaya Sulawesi khususnya Sulawesi Selatan.

Bahkan atraksi kekayaan kebudayaan dari Maluku dan Papua mulai dari baju adat, musik tradisional juga ditampilkan. Pertunjukan kesenian khas serta Parade Karnaval Budaya provinsi tersebut ini rute ya mengelilingi Lapangan Parkir Pipo Mall untuk menghibur para pengunjung dan masyarakat.

Berbeda dengan festival pesona lokal Makassar 2018, tahun ini dilaksanakan lomba tari lokal kontemporer yang diikuti sekitar 100 peserta, lomba desain motif khas lokal kontemporer wadah tampah bambu diikuti 30 peserta, dan kompetisi ala selebgram lokal bisa diikuti seluruh pengunjung.

Malam puncak pelaksanaan festival pesona lokal juga dihibur penampilan dari Kapal Udara dan Zaskia Gotik.
 
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar