Dispudpar boyong jurnalis eksplore potensi Spermonde

id disbudpar sulsel, jurnalis explore, kepulauan spermonde

"Sekaligus memperkenalkan dan mengekplore potensi dan destinasi wisawata bahari Sulawesi Selatan di Kepulauan Spermonde," katanya.
Makassar (ANTARA Sulsel) - Dinas Kebudayaan dan pariwisata (Disbudpar) Sulawesi Selatan bersama Gabungan Usaha Wisata Bahari & Tirta Indonesia (Gahawisri) memboyong para jurnalis lokal dan nasional melihat segala potensi yang dimiliki Gugusan Kepulauan Spermonde, 22-23 Oktober 2016.

Kepala Seksi Promosi Bidang Pemasaran Disbudpar Sulsel, Eddy Effendi di Makassar, Senin, mengatakan keterlibatan media dalam ajang bertajuk "Press Tour and Marine Excursion" itu agar bisa menyaksikan secara langsung kemudian para jurnalis bisa menuangkannya dalam tulisan ataupun gambar di media masing-masing sehingga bisa diketahui masyarakat secara luar.

"Sekaligus memperkenalkan dan mengekplore potensi dan destinasi wisawata bahari Sulawesi Selatan di Kepulauan Spermonde," katanya.

Untuk kegiatan yang dilikuti puluhan wartawan baik cetak dan elektronik itu, mengunjungi sejumlah pulau yang masuk dalam Gugusan Kepulauan Spermonde yani Pulau Kapoposang (Pangkep), Pulau Lanjukang (Kota Makassar), Pulau Kodingareng Keke dan Pulau Samalona yang juga terletak di Makassar.

Selain menikmati setiap sudut yang dinilai menjadi daya tarik dari setiap pulau yang dikunjungi, para jurnalis juga diajak melakukan berbagai kegiatan menarik

"Di antaranya melakukan kegiatan diving, kunjungan wisata budaya masyarakat maritim, hunting view atau dokumentasi panorama bawah laut, serta snorkling," ujarnya.

Ia menjelaskan, Kepulauan Spermonde inu memang berada di bagian Selatan Selat Makassar, tepatnya di Pesisir Barat Daya Pulau Sulawesi.

Kepulauan Spermode terletak di 5 derajat Lintang Selatan, di sisi timur dibatasi oleh daratan utama Pulau Sulawesi dan di sisi barat dibatasi Selat Makassar.

Kepulauan Spermonde dikenal dimasyarakat pulau sebagai pulang-pulang sangkarang, yang meliputi area seluar kurang lebih 150 km persegi dan terdiri dari kurang lebih 163 pulau, mulai dari Kepulauan Takalar, Makassar, Pangkep, hingga mamuju, Sulawesi Barat.

Beberapa pulau kecil di Makassar, seperti Pulau Lanjukang yang merupakan pulau terluar memiliki keindahan daya tarik wisatawan bahari.

Begitupun dengan Pulau Kapoposang yang berada dalam wilayah Pangkep merupakan pulau yang memiliki taman wisata bawah laut yang mempesona.
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar