Selasa, 24 Oktober 2017

Jago PAN Di Pilkada Sulsel Belum Final

id pan sulsel, balon cagub sulsel, ichsan yasin limpo
Makassar (Antara Sulsel) - Jago yang diusung Partai Amanat Nasional (PAN), yakni pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Selatan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar dalam pilkada dinyatakan belum final.

"Dukungan yang diberikan kemarin hanya kepada Pak Ichsan dan belum berpasangan. Akan kami panggil nanti Pak Andi Mudzakkar apakah bersedia memenuhi komitmen kami," kata Wakil Ketua PAN Sulsel, Irfan AB di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin.

Menurut dia, dukungan final nantinya diberikan bila Andi Mudzakkar yang kini menjabat sebagai Bupati Luwu bersedia membesarkan PAN mengingat Mudzakkar yang akrab disapa Cakka itu baru saja dipecat dari pengurus Partai Golkar.

Selain itu, pihaknya menawarkan posisi jabatan strategis kepada yang bersangkutan di tubuh PAN Sulsel apabila berkenan masuk dalam struktur partai.

"Salah satu komitmen kami kepada Pak Cakka setelah tidak lagi di Golkar. Kami nantinya sebagai partai pengusungnya di Pilgub Sulsel menawarkan itu dalam bentuk keseriusan," kata dia.

Kendati demikian, dia tidak ingin berspekulasi apabila yang bersangkutan menolak memenuhi komitmen itu, meskipun nantinya Ichsan bisa mendapat dukungan dari partai lain.

Sebelumnya, Cakka dipecat dari Ketua DPD II Partai Golkar Luwu karena dianggap tidak mendukung Nurdin Halid yang diusung Partai Golkar Sulsel sebagai bakal calon gubernur.

Dia memilih membelot lalu berpasangan dengan Ichsan Yasin Limpo, adik Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, sebagai bakal calon wakil gubernur untuk memecah suara dari saudaranya, Aziz Kahar Mudzakkar, yang berpasangan dengan Nurdin Halid sebagai bakal calon gubernur.

Sesuai dengan ketentuan penyelenggara Pilkada Gubernur Sulsel, masing-masing pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur yang diusung partai politik maupun gabungan dengan jumlah sekurang-kurangnya 17 kursi minimal.

Bila memenuhi maka KPUD Sulsel akan mengesahkan sebagai kontestan atau pasangan calon seusai tahapan pendaftaran bakal calon menjadi calon mulai awal Januari 2018.

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga