Media Makassar Tinjau Pembangkit PLN

id

Makasssar (ANTARA Sulsel) - Sejumlah perwakilan media di Makassar Sulawesi Selatan melakukan peninjauan untuk melihat langsung gangguan pembangkit swasta PLTU Sengkang dan PLTD Suppa.

Hal itu dilakukan untuk memastikan apakah kondisi alam telah menyebabkan kerusakan maupun gangguan pembangkit besar PLN.

Manajer Bidang Transmisi dan Distribusi PLN Sultanbatara, Andi Lakipadada di Makassar, Sabtu, mengatakan sebanyak 11 perwakilan media memang sengaja kami undang untuk memberikan kejelasan mengenai kondisi kedua pembangkit yang selama ini mensupply listrik di Sulsel.

Lokasi PLTA Bakaru yang terletak di Kabupaten Pinrang sekitar 220 km dari kota Makassar memiliki kapasitas pembangkit 126 MW yang mengalami penurunan daya mampu selama kemarau ini.

Daya mampu yang terjadi pada pembangkit itu menurun pada siang hari 30 MW dan 100 MW pada malam hari selama memasuki musim kemarau.

Sejauh ini, PLN telah melakukan teknik modifikasi cuaca pada tanggal 20 Oktober 2009 di daerah aliran sungai (DAS) Mamasa, Sulawesi Barat yang diharapkan mampu menjaga debit air di PLTA Bakaru.

Sementara itu, lokasi PLTU Sengkang Kabupaten Wajo, Sulsel telah dioperasikan oleh perusahaan listrik swasta PT. Energi Sengkang dengan kapasitas pembangkit 195 Megawatt.

Namun, daya mampu PLTU Sengkang saat ini turun hingga 130 MW akibat kerusakan pada mesin pembangkit GT 21.

Mesin genset turbin buatan Siemens Jerman ini masih dalam perbaikan yang di tangani langsung tenaga ahli khusus dari Jerman yang berencana memasang penggantian suku cadang yang harus didatangkan dari negara asalnya.

(T.PK-HK/A014)

Komentar