Bantuan Perahu Fiber Tingkatkan Tangkapan Nelayan Boalemo

id perahu fiber, nelayan boalemo, rusli habibie

Gorontalo (Antara Sulsel) - Bantuan perahu fiber oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo, dengan kapasitas 5 Gross Ton (GT) serta dilengkapi mesin tempel 15 PK, telah meningkatkan penghasilan nelayan di Kabupaten Boalemo.

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie saat berkunjungan ke kabupaten tersebut, tanpa sengaja berdialog dengan salah seorang nelayan warga Desa Bolihutuo, Yudin Noe, yang saat itu telah menurunkan hasil tangkapannya. Dihadapan Gubernur ia mengatakan bahwa hasil tangkapan mengalami peningkatan.

"Alhamdulillah, sekarang tangkapan tidak hanya banyak, tapi juga ikannya cukup besar. Dalam sekali melaut kami bisa membawa pulang ikan dengan jumlah banyak, tidak seperti biasanya," ungkap Yudin, ketika ditanya Gubernur soal hasil tangkapanya, Minggu.

Ia mengaku baru sekitar sebulan lebih pihaknya dan beberapa orang pada kelompok "Nelayan Maju" yang telah mendapati bantuan pemanfaatan perahu mengaku jika perahu tersebut yang telah dilengkapi dengan mesin tempel 15 PK, membuat jarak tempuh penangkapan ikan semakin jauh.

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie ketika mendengar pengakuan tersebut merasa senang, namun ia berharap agar bantuan yang diberikan oleh pemerintah bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk memenuhi kebutuhan hidup.

"Hal terpenting yang harus dilakukan yakni menjaga dan merawat setiap bantuan yang diberikan," tegas Gubernur.

Ia menjelaskan, jika Pemprov Gorontalo dalam memberikan bantuan seperti ini, tidak diberikan ke semua orang, saat ini pemerintah lebih selektif dalam menyalurkan dan menentukan siapa yang berhak mendapatkan bantuan.

Pemprov Gorontalo sendiri dalam menentukan penerima bantuan sudah menggunakan data warga miskin yang tercatat pada Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K). 
Pewarta :
Editor: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar