Bulog jamin stok beras hingga 15 bulan

id Bulog jamin,stok beras,bulog sulselbar,didin syamsuddin

Kepala Perum Bulog Divre Sulselbar Didin Syamsuddin (ANTARA FOTO/Nurhaya J Panga)

Makassar (Antaranews Sulsel) - Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Resional (Divre) Sulawesi Selatan dan Barat (Sulselbar) menjamin ketahanan stok beras untuk wilayah Sulawesi Selatan hingga 15 bulan ke depan.

"Menjelang bulan Ramadhan, stok beras kita cukup banyak dan ketahanannya sampai sekitar 15 bulan ke depan," kata Kepala Perum Bulog Divre Sulselbar Didin Syamsuddin di Makassar, Jumat.

Menurut Didin, stok beras di gudang Bulog saat ini mencapai 62 ribu ton, dan pembelian beras dari petani juga masih terus dilakukan.

"Hari ini saja kita membeli 1.500 ton dari petani, pembelian terus kita lakukan, apalagi saat ini sedang memasuki musim panen," tuturnya.

Dengan pembelian tersebut, kata dia, nantinya menjelang lebaran diperkirakan stok bisa mencapai di atas 100 ribu ton.

"Jadi stok tidak akan kurang, justru berlebih stok kita nanti," ujarnya.

Bahkan, kata dia, pihaknya telah mengirimkan beras ke beberapa wilayah di Indonesia, seperti Palembang, Jambi, Ambon, dan Papua, karena berlimpahnya stok beras di Sulsel.

Bulog, kata dia, juga menjaga stabilisasi pasokan beras di pasaran dengan memasok harga yang lebih rendah dari harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah.

"Kalau HET dari pemerintah kan Rp9.450, nah ini kita jual Rp250 lebih rendah, jadi hanya Rp9.200, kalau memungkinkan kita jual Rp9.000 supaya masyarakat benar-benar mendapatkan harga yang murah," jelasnya.

Selain beras, kata dia, pihaknya juga menjamin ketersediaan gula, terigu, dan minyak goreng dengan harga yang terjangkau.

"Masyarakat bisa langsung ke toko-toko pangan kami, untuk mendapatkan bahan kebutuhan dengan harga yang terjangkau," pungkasnya.
Pewarta :
Editor: Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar