Makassar (Antaranews Sulsel) - Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap) pasangan nomor urut dua, Dollah Mando-Mahmud Yusuf (DOAmu) unggul, berdasarkan data yang masuk 100 persen di pusat data KPU Provinsi Sulsel, Kamis malam.

Sesuai dengan hasil dari pusat tabulasi data KPU Sulsel, pasangan nomor urut 2 Dollah Mando-Mahmud Yusuf atau DOAmu memperoleh 105.536 suara atau dengan persentase 61, 10 persen.

Sedangkan pasangan calon nomor urut satu Fatmawati Rusdi-Abdul Madjid (FATMa) memperoleh 67.201 suara atau dengan persentase 38,90 persen.

Sementara jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) total 650 buah tersebar di 11 kecamatan dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) 211. 822 pemilih dan partisipasi pemilih sangat tinggi mencapai 78 persen lebih.

"Penghitungan data C1 seluruhnya sudah masuk 100 persen di pusat data KPU Sulsel, itulah hasil rilnya," ucap Ketua KPU Sulsel Misnah Attas di hotel Grand Clarion Makassar

Bila melihat perbandingan data dari lembaga survei Indeks Politica Indonesia (IPI) yang juga melakukan penghitungan real count pasangan DOAmu, tidak jauh berbeda dan unggul di sembilan kecamatan dibandingkan rivalnya, FATMA hanya unggul di dua kecamatan.

Kecamatan yang dimenangkan DOAmu antara lain Baranti, Panca Lautang, Pitu Riase, Pitu Riawa, Dua Pitue, Watang Sidenreng, Tellu Limpoe, Watang Pulu dan Maritengngae. Tiga kecamatan terakhir di atas dimenangkan telak dengan selisih antara enam ribu - 10 ribu suara dengan penantang diketahui istri Bupati Sidrap Rusdi Masse.

Untuk pasangan FATMA, hanya mampu meraih kemenangan di dua kecamatan yakni Panca Rijang dan Kulo dengan selisih seribu suara.

Direktur Eksekutif IPI, Suwadi Idris Amir, menyebutkan data real count yang masuk mencapai 100 persen. Secara keseluruhan DOAmu menang telak dengan perolehan suara sebesar 101.865 suara atau 61,98 persen. Sedangkan pasangan FATMA memperoleh suara sebesar 62.492 suara atau 38,02 persen. Suara tidak sah sebesar 1.358 suara.

Tingkat partisipasi politik masyarakat Sidrap juga cukup tinggi yakni sebesar 78,23 persen atau sebanyak 165.716 pemilih dari ?211.822 total DPT Kabupaten Sidrap.

"Bila dilihat datanya masih ada 46.106 pemilih yang tidak menggunakan hak pilihnya pada Pilkada Sidrap" tambah Suwadi.

Di tempat terpisah, pasangan FATMA setelah mengetahui kalah telak baik melalui penghitungan cepat maupun hitungan nyata, pasangan DOAmu unggul jauh menyatakan menjunjung tinggi apapun hasil putusan KPU Sidrap nantinya setelah ditetapkan.

"Pilkada Sidrap telah selesai, mari kita semua menghormati apapun hasil pilkada Sidenreng Rappang,? ujar Fatmawati Rusdi, di Kabupaten Sidrap melalui siaran persnya diterima Kamis malam.

Dirinya mengatakan bersama Abdul Majid menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah ikut menyukseskan dan menyelenggarakan Pilkada Sidrap berjalan aman dan damai.

"Terima kasih tak terhingga kepada seluruh tim sahabat relawan simpatisan FATMA. Dan seluruh masyarakat Sidrap. Kita sudah berusaha dengan maksimal mari kita hargai hasil pilkada," ujarnya.

Bersama pasangannya Majid menyampaikan akan menghormati penuh proses perhitungan suara sampai penetapan pasangan terpilih oleh KPU Sidrap.

Siapapun yang terpilih nanti, kata dia, mengajak seluruh masyarakat ?untuk mendukung penuh penyelenggaraan pemerintahan lima tahun mendatang dan harus tetap bersatu, untuk kemajuan Sidrap ke depan.

"Jangan karena perbedaan pilkada kita merusak apa yang telah dibangun dan dipersembahkan bapak Rusdi Masse selama kepemimpinannya," tambah dia.

Pewarta : M Darwin Fatir
Editor : Amirullah
Copyright © ANTARA 2024