Makassar (ANTARA) - Server E-panrita ppdbsulsel.epanrita.net untuk Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sulawesi Selatan 2019, hari Selasa (25/6) ini sedang offline lantaran pendaftar membeludak pada hari pertama dan kondisi tersebut dijadwalkan akan berlangsung selama satu kali 24 jam.

"Sehubungan dengan tingginya intensitas pendaftaran pada hari pertama, maka untuk sementara pendaftaran dan verifikasi calon peserta didik ditunda 1x24 jam dalam rangka sinkronisasi dan konsolidasi data. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya," tulis pengumuman saat mengakses server E-panrita pada komputer SMAN 5 Takalar, Selasa.

Berdasarkan pantauan ANTARA, beberapa calon siswa yang didampingi orangtuanya di sekolah tersebut harus kembali dengan tangan kosong karena server yang tidak bisa diakses.

Agar hal ini lebih menuai kepercayaan pada masyarakat, pihak sekolah menunjukkan langsung pengumuman Dinas Pendidikan (Disdik) Sulsel pada monitor komputer.

Pada hari pertama, pendaftar sistem zonasi di SMAN 5 Takalar mencapai 92 orang. Terdiri dari sistem zonasi 81 orang atau laki-laki 24 orang dan perempuan 57 orang, sedangkan afarmasi 11 orang.

Sementara Kepala SMKN 8 Makassar, Dr Asnah Baharuddin M Pd membenarkan hal tersebut bahwa pihaknya telah menerima pengumuman soal server yang sedang offline melalui whatsapp.

Meski demikian, Asnah tetap melakukan pelayanan kepada calon siswa dengan menerima data bagi mereka yang telah mendaftar online. Sekaligus melakukan back up data dari semua data calon siswa yang telah diverifikasi sebelumnya, sekitar 150 calon siswa.

"Kami tetap melayani, kita ada data manual, jadi saya tetap data yang mau kumpulkan berkasnya. Hanya saja memang tidak bisa disinkronisasi. Jadi yang mendaftar semalam itu kami terima berkasnya dan jika server sudah mulai on, maka biarlah panitia di sini yang langsung lakukan singkronisasi data," jelasnya.

Selain itu, solusi yang diambil untuk mengisi hari ini sebagai antisipasi antrian yang bisa saja membludak pada keesokan harinya, Rabu (26/06).

"Jadi besok mereka sisa mengambil bukti verifikasinya, jadi tidak lagi harus antri lama. Sekaligus kami juga berikan beberapa pertanyaan dasar dan mengukur tinggi badan untuk dua jurusan di sini," ucapnya.

Pelaksanaan PPDB Sistem Zonasi dan aframasi dijadwalkan akan berlangsung sejak 24-28 Juni 2019. Sebelumnya, sistem prestasi dan perpindahan orangtua juga digelar pada 17-21 Juni dan pengumumannya pada 22 Juni.
 

Pengumuman Disdik Sulsel pada halaman server E-panrita di komputer SMAN 5 Takalar. Ini mengakibatkan sekolah ini tidak memberikan pelayanan verifikasi berkas calon siswa karena server E-panrita sedang offline, Selasa (25/06/2019). ANTARA Foto/Nur Suhra Wardyah

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024