Makassar (ANTARA) - Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (HMJ TPWK) Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar menggelar seminar nasional yang bertemakan "Strategi Pembangunan dan Tantangan Menuju Smart City" di kampus tersebut, Kamis.

Penyelenggaraan seminar tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan pembuka "Celebes Plano Festival Vol. III Mahasiswa sekaligus program kerja terakhir HMJ TPWK tahun 2019.

Ketua Panitia Kegiatan Celebes Plano Festival Vol. III Mahasiswa HMJ TPWK Galang Rimbawan mengatakan kegiatan seminar nasional ini menghadirkan para nara sumber antara lain Ir Firdaus ST, MS (Ikatan Ahli Perencanaan), M. Ridha Ridha Rasyid (Staf Khusus PJ Walikota/Kepala Bidang Kebijakan Daerah dan Litbang Kota Makassar), Prof Dr Ananto Yudono, MEng (Akademisi), Ir Tenriawaru Natsir, MSi (Dinas Tata Ruang), dan pejabat Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Sulawesi Selatan.

Kegiatan seminar sehari yang dimoderatori oleh Despry Nur Annisa, ST,  MSc itu para nara sumber memaparkan berbagai hal terkait Smart City  terutama bagaimana menciptakan suatu kota cerdas yang humanis.

Dalam forum tersebut juga membahas masalah strategi dalam menghadapi tantangan smart city  yang harus dimulai dengan membangun manusianya, sebab di era Revolusi Industri 4.0 tidak bisa dielakkan lagi, baik kota besar maupun kota kecil, akan menuju kota yang cerdas atau smart city yang identik dengan teknologi.

Oleh karena itu kerja sama dari semua pihak, yakni pemerintaha, swasta, masyarakat dan mahasiswa sangat diperlukan demi terciptanya smart city yang bisa mensejahtrakan masyarakat.

Selain acara seminar nasional, rangkaian kegiatan Celebes Plano Festival Vol. III ini juga akan dilaksanakan kuliah umum pada 22 November 2019, debat ilmiah dan futsal (25-27 November)  dan acara puncak yang akan dimeriahkan dengan pentas seni pada 29 November 2019.

Ketua panitia acara itu Galang Rimbawan pada kesempatan itu juga menyampaikan pesan kepada panitia serta mahasiswa jurusan tersebut untuk tetap fokus dan bersemangat dalam menyukseskan kegiatan ini karena sukses tidaknya acara tereebut akan tercatat sebagai bukti sejarah kepengurusan HMJ TPWK periode ini.

 

Pewarta : -
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024