Makassar (ANTARA) - Rektor Universitas Islam Makassar (UIM) Dr Ir Hj A Majdah M Zain meluncurkan program "UIM Hijrah" pada tahun baru Islam 1 Muharram 1442 Hijriah.

"Sivitas akademika UIM merayakan tahun baru Islam dalam nuansa pandemi COVID-19, kami luncurkan program UIM Hijrah," kata Majdah di Makassar, Kamis.

Dia mengatakan UIM Hijrah sebagai program implementasi dari visi menjadikan UIM sebagai Kampus Qurani dan Kampus Aswaja.

Perayaan digelar terbatas hanya dihadiri unsur pimpinan dan pejabat struktural di auditorium KH Muhyiddin Zain UIM, diikuti secara virtual oleh keluarga besar UIM melalui Zoom Meeting dan live YouTube.

Sementara itu, Kepala Lembaga Kajian Aswaja UIM H Maskur Yusuf, MAg menjelaskan rangkaian perayaan 1 Muharram UIM diisi dengan khataman Quran secara berjamaah.

“UIM Hijrah kita mulai dengan membiasakan seluruh unsur di UIM membaca dan dekat dengan Quran,” ucapnya.

Sementara itu, Majdah dalam sambutannya menguraikan 1 Muharram sebagai momentum introspeksi bahwa selama setahun ini banyak hal yang telah terjadi, namun atas doa dan keikhlasan bersama dapat dilalui.

Dia berharap dengan atmosfer Qurani yang sedang dibangun di kampus UIM memberi keberkahan, khususnya dalam upaya peningkatan kualitas UIM.

UIM Hijrah, kata Ketua Muslimat NU Sulsel itu, untuk menandai tahun ini sebagai tahun pembenahan, sistem dibangun, manajemen diperbaiki di UIM, termasuk akan ada aturan yang menstimulus kinerja semua elemen.

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024