Sidrap (ANTARA) - PT PLN (Persero) melalui Unit Induk Wilayah (UIW) Sulselrabar menggelar Kampanye Electrifying Lifestyle Festival 2021 di Kota Parepare dan Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan, guna mendukung program pemerintah Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB).

Awaluddin Hafid di Parepare, Rabu, menyampaikan bahwa Kampanye Electrifying Lifestyle Festival 2021 yang diadakan di Kota Parepare dan Kabupaten Sidrap bertujuan untuk memperkenalkan gaya hidup serba elektrik guna meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menggunakan energi ramah lingkungan. 

Termasuk mulai dari memasak dari kompor induksi hingga sensasi berkendara menggunakan kendaraan listrik. 

"Kendaraan listrik, selain ramah lingkungan, emisinya pun lebih rendah dibandingkan kendaraan yang berbahan bakar minyak," kata Awaluddin.

Pembukaan Electrifying Lifestyle Festival yang digelar di Lapangan Andi Makkasau Kota Parepare, Sulsel, Selasa (26/10).

Dalam tajuk Electrifying Lifestyle Festival 2021 Parepare acara diawali dengan konvoi kendaraan listrik dari Gapura Selamat Datang Kota Parepare, Taman Mattirotasi dan finish di kantor PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Parepare. 

"Saya pribadi setelah mencoba mobil listrik, tenaga yang dihasilkan mesin kendaraan listrik pun tidak kalah hebat performanya. Dan yang tidak kalah penting jauh lebih irit, yaitu lima kali lebih hemat dibandingkan menggunakan BBM,"  tambahnya. 

Selain memamerkan kendaraan listrik, PLN juga menggelar demo masak menggunakan kompor induksi. Kampanye tersebut bertujuan untuk memperkenalkan gaya hidup serba elektrik ini, tidak terkecuali kegiatan rumah tangga.

Hadir dalam acara tersebut Wakil Walikota Parepare Pangerang Rahim, General Manager PLN UIW Sulselrabar Awaluddin Hafid, dan Manajer PLN UP3 Parepare Rizky Ardiana Bayuwerty. 

Pangerang Rahim menyampaikan rasa terima kasih kepada PLN atas dukungannya dalam mewujudkan Parepare Smart City. 

"Salah satu indikator untuk mewujudkan Smart City adalah Smart Environment oleh karena itu Pemkot Parepare sangat berterimakasih kepada PLN karena dengan adanya festival ini tentu dapat mendukung hal tersebut," kata H Pangerang Rahim. 

Menurut dia, PLN dan Pemkot harus terus bersinergi untuk menyiapkan pasokan energi yang ramah lingkungan dalam membangun daerah.

Acara kemudian dilanjutkan dengan konvoi kendaraan listrik dari Kota Parepare ke Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Sidrap kemudian finish di Pantai Kering Pangsid Kabupaten Sidrap. 

Di tempat tersebut, PLN kembali menampilkan pameran kendaraan listrik dan mendemonstrasikan memasak menggunakan kompor induksi. 

Hadir dalam acara Electrifying Lifestyle Festival 2021 Sidrap, Bupati Kabupaten Sidrap Ir. H. Dollah Mando, Wakil Bupati Sidrap Ir. H. Mahfud Yusuf, General Manager PLN UIW Sulselrabar Awaluddin Hafid, dan Manajer PLN UP3 Parepare Rizky Ardiana Bayuwerty. 

Bupati Sidrap Dollah Mando menyampaikan dukungannya kepada PLN untuk program Electrifying Lifestyle ini. 

"Sekarang ini penggunaan listrik ada di berbagai sektor yaitu rumah tangga bahkan sampai kendaraan listik. Selain itu kami juga meminta dukungan PLN agar teknologi listrik dapat membantu di sektor pertanian," kata Dollah Mando. 

Guna mendukung terbentuknya ekosistem Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) di Sulawesi, PLN UIW Sulselrabar telah membangun 1 (satu) Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) fast charging pertama di Indonesia Timur yang berada di PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Mattoanging, Kota Makassar. 

Kedepan, PLN UIW Sulselrabar akan menambah 2 (dua) lokasi SPKLU, 1 (satu) lokasi di Sulawesi Selatan dan 1 (satu) lokasi di Sulawesi Tenggara. Dengan cadangan daya yang ada yaitu sebesar 588 MW, PLN siap melayani kebutuhan listrik. Para investor diharapkan tidak perlu ragu berinvestasi di  Provinsi Sulawesi Selatan, Tenggara, dan Barat.

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024