Makassar (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulawesi Selatan terus melakukan upaya kesiapsiagaan terhadap bencana yakni salah satunya dengan  meningkatkan sumber daya logistik.

Kepala Sub Bagian Program pada BPBD Sulawesi Selatan, Warham Yusni di Makassar, Selasa mengatakan, bentuk persiapan tersebut telah dilakukan dengan apel siaga beberapa waktu yang lalu, sekaligus untuk mengetahui kondisi peralatan, termasuk melakukan peningkatan sumber daya logistik bencana.

Sejak awal memasuki musim hujan pada awal Desember 2021 telah disiapkan stok sebanyak 8.700 paket bahan pangan, perlengkapan bayi dan lainnya.

Paket tersebut sudah didistribusikan ke 24 kabupaten/kota di Sulsel untuk selanjutnya didistribusikan ke lokasi bencana.

Pada laporan BPBD Sulsel melaporkan bencana alam berupa angin puting beliung dan banjir bandang telah terjadi beberapa waktu yang lalu seperti Kabupaten Luwu, Soppeng dan Bone.

Sementara itu, Kepala BPBD Kepulauan Selayar Ahmad Ansar mengatakan, pihaknya telah menyalurkan bantuan logistik untuk korban gempa di kecamatan yang pulau terluar dari Kabupaten Kepulauan Selayar.

Hal itu dilakukan pada Desember 2021 setelah terjadi gempa 7,4 SR di Laut Flores dan terdampak pada dua kecamatan di Kepulauan Selayar yakni Kecamatan Pasilambena dan Pasimarannu pada 14 Desember 2021.

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024