Makassar (ANTARA) - Wakil Wali Kota Makassar Fatmawati Rusdi Masse menekankan pentingnya kolaborasi seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dengan Perusahaan Daerah (Perusda) demi peningkatan pelayanan bagi masyarakat. 

"Ego sektoral tolong dihilangkan, karena kerja-kerja kolaborasi, koordinasi yang baik, sangat dibutuhkan," kata Fatmawati di sela-sela penutupan Rapat Koordinasi Khusus (Rakorsus) tahun 2023 di salah satu hotel di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu. 

Ia pun menekankan pentingnya koordinasi seluruh pemangku kepentingan dalam upaya menyukseskan program-program strategis yang telah dilahirkan dalam Rakorsus kali ini. 

"Setelah mendengarkan pemaparan program seluruh OPD, ini dapat menjadi rujukan menghadapi berbagai permasalahan yang ada di Kota Makassar terutama masyarakat kita," papar mantan Legislator DPR RI ini. 

Demikian pula terkait beberapa OPD yang pada 2022 tercatat memiliki serapan anggaran masih rendah sehingga menjadi catatan dan pembelajaran. Pihaknya berharap tahun 2023 ini kinerja terus dimaksimalkan. 

Fatma juga menekankan bahwa seluruh OPD agar pada setiap program prioritas memiliki outcome atau hasil yang lebih jelas, tepat sasaran dan memiliki indikator yang jelas pula.

Pelaksanaan Rakorsus Pemkot Makassar tahun 2023 tersebut berlangsung selama 12 jam 30 menit dengan berjalan lancar. Sejumlah program dipaparkan masing-masing OPD maupun Perusda terkait target maupun inovasi yang akan diluncurkan melalui sistem aplikasi digital guna memudahkan masyarakat mendapat pelayanan. 

Pada kesempatan itu, Wakil Wali Kota Makassar Fatmawati Rusdi menutup secara resmi Rakorsus didampingi oleh Sekda Kota Makassar Muh Ansar, Ketua TP PKK Makassar Indira Yusuf Ismail, para asisten, dan Tim Ahli Pemkot Makassar. 

Rakorsus tahun 2023 tersebut mengangkat tema 'Resiliensi dengan Metaverse' dengan membangun Makassar sebagai kota yang resilience atau berdaya tahan dan dua kali tambah baik.

Pewarta : M Darwin Fatir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024