Makassar (ANTARA) - HM Jusuf Kalla sebagai Ketua Dewan Pembina Yayasan Al-Gazali melakukan groundbreaking pembangunan gedung Workshop Laboratorium Fakultas Teknik, Universitas Islam Makassar di Makassar, Rabu.

Mantan Wakil Presiden itu melakukan groundbreaking didampingi Rektor Universitas Islam Makassar Al-Gazali beserta jajaran serta perwakilan Direksi KALLA.

Pembangunan workshop laboratorium ini merupakan bagian dari hibah Yayasan Hadji Kalla senilai Rp3 miliar bersama beberapa bisnis lainnya seperti PT Bukaka Teknik Utama Tbk, Poso Energy, PT Bumi Karsa dan Kalla Beton.

"Tentunya hibah dari Yayasan Hadji Kalla ini akan sangat bermanfaat bagi pengembangan keahlian mahasiswa kami khususnya di Fakultas Teknik," ujar Sjaiful Kasim selaku Bendahara Yayasan Al-Gazali.

Workshop ini nantinya berdiri di atas  lahan 24mx24,8m dengan masa pengerjaan sejak Agustus sampai Oktober 2023. Workshop ini terdiri atas dua ruang mezzani dengan luas 6x6 meter untuk kebutuhan kantor dan ruang asisten.

“Laboratorium Fakultas Teknik sebelumnya hanya berukuran 8x20m sehingga tidak dapat memenuhi penggunaan mesin yang telah dibantu oleh PT. Bukaka dan Poso Energy. Sehingga pembangunan workshop ini sangat dibutuhkan," tambah Sjaiful Kasim.

Diharapkan pembangunan workshop ini dapat bermanfaat untuk penelitian, pengujian serta pembuatan mesin mini untuk UKM.

Chief Corporate Secretary, Legal dan Marketing Officer KALLA Subhan Djaya Mappaturung mengatakan bahwa
KALLA selalu berkontribusi terhadap dunia Pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia unggul khususnya melalui universitas atau Perguruan Tinggi.

"Oleh karena itu kami hadir dalam pembangunan Laboratorium Fakultas Teknik Universitas Islam Makassar Al-Gazali sebagai wadah untuk mengembangkan keilmuan mereka di kampus,” ujar dia.

Selain H.M Jusuf Kalla dan Rektor Universitas Islam Makassar Al-Gazali, kegiatan groundbreaking ini dihadiri oleh Fatimah Kalla sebagai Ketua Yayasan Al–Gazali, Anre Gurutta Haji (AGH) Prof. Najamuddin sebagai Rais Syuriah PWNU Sulsel, Syahruddin, ST. MM sebagai Kepala Bagian Umum LLDIKTI Wilayah IX, Prof. Mansyur Ramli sebagai Anggota Dewan Pembina Yayasan Al Gazali. Jajaran dan direksi KALLA diwakili oleh Subhan Djaya Mappaturung sebagai Chief Corporate Secretary, Legal dan Marketing KALLA dan Kamaluddin sebagai CEO Kalla Construction.

Kegiatan ini dilaksanakan bertepatan dengan Pelantikan Rektor Universitas Islam Makassar Al-Gazali Prof. Dr. H. Muammar Bakry, Lc., M.Ag masa khidmat 2023-2027 yang dilantik menggantikan Prof. DR. Ir. Hj. A. Majdah M. Zain. MSi yang telah menjabat selama 4 periode sejak 2007 hingga 2023.

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024