Makassar (ANTARA) - Bupati Luwu Timur (Lutim) Budiman membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) sekaligus menandatangani perjanjian Deklarasi Pemilu Damai 2024, di Malili Ibu Kota Kabupaten Luwu Timur Sulawesi Selatan.

Dalam rapat koordinasi yang mengusung tema "Merawat Luwu Timur Dalam Menghadapi Pemilu Tahun 2024" itu juga dihadiri Dandim 1403/Palopo, Letkol Arm Kabit Bintoro Priyambodo, Kepala Kantor Kementerian Agama Luwu Timur Muhammad Yunus, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB ) Luwu Timur, Ardias Barah dan Ketua Ormas Keagamaan se-Kabupaten Luwu Timur.

Budiman dalam sambutannya mengatakan rakor tersebut dapat memberikan masukan yang positif bagi pemerintah daerah dalam upaya menjaga kerukunan bangsa dan keharmonisan sosial.

"Rakor FKUB bisa menjadi tempat memberikan saran kepada Pemda dan sebagai panggilan tugas bangsa serta dapat menjadi pelopor penggerak toleransi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," ujarnya dalam rilis yang diterima di Makassar, Ibu Kota Provinsi Sulawesi Selatan.

Menurut dia, memelihara kerukunan umat beragama menjadi tanggung jawab bersama umat beragama, pemerintah daerah serta masyarakat. Khususnya menghadapi Pemilihan Umum Serentak Tahun 2024 di Kabupaten Luwu Timur.

Budiman menerangkan bahwa menghadapi pemilihan umum, peran tokoh masyarakat dan pemuka agama menjadi semakin vital dalam memastikan bahwa proses berjalan dengan damai dan penuh keberlanjutan. 

"Saya berpesan kepada semua tokoh agama dan tokoh masyarakat lintas agama untuk senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan antar umat beragama," kata dia.

Budiman juga mengajak kepada masyarakat bahwa saat ini rangkaian pesta demokrasi sudah mulai berjalan, tentunya diantara warga akan ada perbedaan pandangan dan pilihan politik.

Ia pun menitipkan pesan agar antar-warga berbeda pilihan jangan jadikan perbedaan tersebut menjadi sumber perpecahan, baik sebelum, pada saat dan setelah pemilu agar kerukunan dan kesatuan tetap terjaga

Usai menyampaikan sambutan, Bupati Luwu Timur bersama Wakil Bupati Luwu Timur, Dandim 1403/Palopo, Kakan Kemenag Lutim, Kepala Badan Kesbangpol Luwu Timur, Ketua FKUB Luwu Timur, dan Ketua Ormas Keagamaan se-Kabupaten Luwu Timur melakukan Deklarasi Pemilu Damai 2024.

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024