Mamuju (ANTARA) - Kapolda Sulawesi Barat Inspektur Jenderal Polisi Adang Ginanjar memberikan bantuan bahan kebutuhan pokok kepada warga pulau terluar di daerah itu.

"Penyaluran bantuan kepada warga Pulau Ambo Kabupaten Mamuju ini juga dalam rangka melakukan patroli di pulau terluar di Provinsi Sulbar," kata Adang Ginanjar, di Mamuju, Minggu.

Pemberian bantuan bahan kebutuhan pokok dan patroli di wilayah terluar Provinsi Sulbar itu lanjut Kapolda, dalam rangka bakti sosial memperingati HUT ke-73 Polairud.

Kedatangan Kapolda bersama para pejabat utama Polda Sulbar tersebut disambut antusias warga pulau seluas sekitar 10,6 hektare dan dihuni 129 kepala keluarga (KK) tersebut.

"Walaupun nilainya tidak seberapa namun saya berharap bantuan ini bisa bermanfaat bagi warga di Pulau Ambo," ujar Adang Ginanjar.

Sementara, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Sulbar Komisaris Besar Polisi Syamsu Ridwan mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan, juga sebagai bentuk pelayanan dan rasa syukur atas bertambahnya usia Korps Polairud Polri.

"Ini juga sebagai simbol kepedulian Polri kepada masyarakat, khususnya warga yang berada di wilayah kepulauan terluar di Provinsi Sulbar," ujar Syamsu Ridwan.

Bakti sosial itu menurut Syamsu Ridwan, mengajarkan kita untuk saling peduli, menumbuhkan rasa cinta kasih dan saling menolong untuk berbagi kepada mereka yang membutuhkan uluran tangan.

"Melalui kegiatan ini juga kita mendapatkan banyak pelajaran, terutama pada lingkungan masyarakat, khususnya di Pulau Ambo bahwa sebagai mahluk sosial kita berkewajiban untuk saling membantu meringankan setiap beban masyarakat," terang Syamsu Ridwan.

Kunjungan Kapolda bersama para pejabat utama Polda Sulbar itu tambahnya, juga bertujuan mempererat hubungan kekeluargaan antara Polri dengan masyarakat dalam rangka menjaga situasi tetap kondusif, khususnya di masa-masa Pemilu 2024.

"Pada kesempatan itu, Kapolda juga mengajak masyarakat di Pulau Ambo, untuk bersama-sama mensukseskan dan mewujudkan Pemilu 2024 yang aman, damai dan sejuk," terang Syamsu Ridwan.

Pulau Ambo merupakan salah satu pulau dari 10 gugusan pulau yang berada di Kepulauan Bala-balakang yang berjarak sekitar 110 mil dari Kabupaten Mamuju dan hanya bisa ditempuh menggunakan kapal laut selama 12 jam.

Pulau ini lebih dekat ke Kabupaten Paser Kalimantan Timur jaraknya sekitar 60 mil dengan waktu tempuh lima jam menggunakan kapal laut.

Pewarta : Amirullah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024