Makassar (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan mengingatkan 65 orang anggota panitia pengawas pemilu (panwaslu) kecamatan yang baru dilantik untuk melaksanakan tugas pada Pilkada 2024, agar tetap bersikap profesional dan menjaga integritas.

"Kami mengingatkan kepada Panwascam yang baru dilantik agar sumpah/janji yang telah diucapkan agar selalu di ingat dalam menjalankan tugas sebagai pengawas pilkada sehingga menjadi pengawas yang tetap profesional dan menjaga integritas," kata Ketua Bawaslu Luwu Irpan dikonfirmasi dari Makassar, Sabtu.

Ia mengatakan setelah dilantik pada Sabtu (25/5), sebanyak 65 anggota panwaslu kecamatan itu diberi bimbingan teknis terkait tugas mereka pada pelaksanaan Pilkada 2024.

Bimbingan teknis tersebut dimaksudkan agar para anggota panwaslu dapat memahami dan menjalankan tugasnya dengan baik.

Ia pun meminta agar para panwaslu kecamatan dapat memahami aturan yang berlaku dalam pilkada sehingga bisa melakukan pengawasan dengan baik pada setiap tahapan pilkada.

Irpan juga meminta dukungan semua pihak untuk bersama-sama dengan Bawaslu dalam melakukan pengawasan agar tercipta pilkada yang jujur, adil dan berintegritas.

Luwu merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Sulawesi Selatan yang kini beribu kota di Belopa, dengan luas wilayah versi Badan Pusat Statistik 2021 yakni 2.909,08 kilometer persegi. Jumlah penduduk di Kabupaten Luwu sebanyak 377.580 jiwa, dengan kepadatan 126 jiwa/kilometer persegi.

Kabupaten Luwu terdiri dari 22 kecamatan, 20 kelurahan dan 207 desa.

Kabupaten Luwu berada pada bagian utara dan timur Provinsi Sulawesi Selatan dengan jarak sekitar 400 km dari Kota Makassar.

Kabupaten Luwu dibatasi oleh Kabupaten Luwu Utara dan Kota Palopo di sebelah utara, Teluk Bone di sebelah timur, Kota Palopo dan Kabupaten Wajo di sebelah selatan, dan Kabupaten Tana Toraja dan Kabupaten Enrekang di sebelah barat.


Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024