Makassar (ANTARA) - Pelindo Jasa Maritim (SPJM) salah satu subholding dari Pelindo Group mendapatkan penilaian "excellent" atau sangat baik dari Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) pada exit meeting Penilaian Indonesian Corporate Accountability Index (ICORPAX) Tahun Buku 2023.

"Penilaian ICORPAX ini dilaksanakan oleh tim BPKP Provinsi Sulsel terhitung sejak tanggal 24 Juli hingga 20 Agustus 2024 dimana akuntabilitas SPJM dinilai dari 5 dimensi," kata Sekretaris Perusahaan SPJM Tubagus Patrick Tribudi Utama Iskandar di Makassar, Kamis.

Dia mengatakan. penilaian tersebut atas kinerja akuntabilitas korporasi pada Pembangunan Nasional, Akuntabilitas Korporasi pada Keuangan Negara, Kepatuhan dan Efektivitas Operasional, Efektivitas Sistem Tata Kelola Korporasi, Efektivitas Pengendalian Fraud.

Sementara itu, ICORPAX merupakan salah satu instrumen yang menghasilkan korporasi yang akuntabel sebagai pengelola Kekayaan Negara Yang Dipisahkan (KNYD) dalam rangka mendukung pembangunan nasional.

Sebagai bagian dari BUMN PT Pelindo Group, hasil penilaian ICORPAX ini sangat penting dilaksanakan mengingat komitmen kami untuk mengedepankan prinsip Good Corporate Governance pada Pi aktivitas bisnis Perusahaan.

Selain itu Tim Penilai menyampaikan bahwa pencapaian ICORPAX SPJM sangat baik bahkan untuk dimensi kelima yaitu efektivitas SPJM berhasil memenuhi seluruh Indikator dengan pencapaian 100 persen pada Indikator Anti Fraud Policy, Fraud Risk Assessment, dan Fraud Detection, Prevention And Correction.

Dengan demikian diharapkan, kedepan SPJM dapat semakin meningkatkan performanya dengan berlandaskan tata kelola perusahaan yang baik.

Termasuk didalamnya membangun sistem pengendalian yang komprehensif dan terukur dalam rangka mendukung SPJM merupakan subholding PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo yang dibentuk pada 1 Oktober 2021 pasca integrasi PT Pelabuhan Indonesia (Persero).

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024