Makassar (ANTARA) - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 mencatat pertumbuhan positif arus kunjungan kapal hingga awal semester II 2024 sebesar 6 persen atau menjadi 296.358.996 Gross tonnage (GT) dibandingkan periode yang sama di 2023.

"Hal positif untuk semua capaian kinerja operasional secara konsolidasi dengan tren peningkatan yang cukup baik dibandingkan periode yang sama tahun lalu," kata Executive Director 4 Pelindo Regional 4 Abdul Azis di Makassar, Minggu. 

Dia menyebutkan bahwa pertumbuhan kinerja hasil konsolidasi yang cukup signifikan berasal dari capaian arus barang yakni sebesar 7,4 persen yaitu dari 29.284.905 ton/m3 di awal semester 2 tahun lalu, menjadi 50.952.723 ton/m3 hingga awal semester 2 tahun ini.

Sedangkan untuk pertumbuhan arus peti kemas, mengalami peningkatan kinerja secara konsolidasi sebesar 11 pedh BBMatau menjadi 1.624.560 TEUs hingga awal semester 2 tahun ini.

Dari sisi arus penumpang kapal, secara konsolidasi Pelindo Regional 4 juga mencatat pertumbuhan sebesar persen. Dibandingkan awal semester 2 tahun lalu, pada periode yang sama tahun ini jumlah penumpang kapal yang naik dan turun di semua pelabuhan kelolaan di Regional 4 menjadi 4.835.965 orang.

Dia mengatakan capaian tersebut tentunya merupakan buah hasil kerja keras dan komitmen seluruh Manajemen Pelindo untuk memberikan layanan terbaik kepada pelanggan dan mendukung perekonomian nasional, terutama di Kawasan Timur Indonesia (KTI).

Dengan kinerja yang terus meningkat, Pelindo Regional 4 berkomitmen untuk menjadi salah satu pelopor dalam sektor logistik dan pelabuhan di Indonesia.

Perusahaan ini akan terus berinovasi dan berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk memperkuat posisi sebagai garda terdepan dalam mendukung konektivitas dan pertumbuhan ekonomi nasional.

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024