Makassar (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) menggelar seleksi kafilah untuk wakili Sulsel pada ajang Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) VII Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Tingkat Nasional Tahun 2024 yang akan digelar di Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, pada 3 - 10 November 2024.

"Saat ini kami lagi mengadakan seleksi, dua hari, yakni 15-16 Oktober secara virtual, untuk memilih beberapa ASN kabupaten/kota di Sulsel untuk mengikuti semua cabang yang dilombakan di MTQ," ucap Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Kesra Sulsel Muh Hasim dalam keterangannya di Makassar, Rabu.

Hasim melanjutkan 16 kabupaten/kota di Sulsel dengan jumlah 130 orang, sementara ini masih mengikuti seleksi pada hari pertama. Rencananya pada 21 Oktober 2024 nama-nama kafilah Sulsel akan disetor di panitia pusat MTQ VII Korpri.

"Jadi nanti 21 Oktober peserta sudah harus didaftarkan di Tim Panitia Pusat MTQ Korpri Nasional. Infonya data hari pertama seleksi 16 kabupaten/kota yang ikut 130 orang dan untuk Sulsel nanti wakilnya ada 30 kafilah untuk 9 cabang," ujarnya

Hasim berharap kafilah yang ikut mewakili Sulsel dapat memperbaiki peringkat dari MTQ Korpri sebelumnya, yakni bisa masuk tiga besar. Hal ini juga sesuai dengan harapan Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel Zudan Arif Fakrulloh.

"Kami harapnya bisa lebih bagus dari dua tahun sebelumnya. Dua tahun lalu kan Sulsel masuk delapan besar, jadi semoga kali ini bisa masuk tiga besar," ujarnya

MTQ VII Korpri akan melombakan sembilan cabang dan 30 golongan, yakni cabang Tilawah Al Quran, Tartil Al Quran, dan Hifzh Al Quran yang terdiri dari Golongan Juz 30 (Juz Amma), Surah Al Baqarah, Surah Ali Imran, Surah An Nisa, dan 7 Surah Pilihan.

Selanjutnya, cabang Dakwah Al Quran dan Khath Al Quran yang terdiri dari Golongan Dekorasi, Lukis Kontemporer dan Digital Klasik, serta Golongan Digital Kontemporer, ditambah cabang Adzan, Khutbah Jumat, dan Doa, serta cabang Makalah Ilmiah Al Quran.


Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024