Mamuju (ANTARA Sulbar) - Gubernur Sulawesi Barat berkomitmen untuk mendukung program pemerintah pusat membangun sektor energi, pangan, kemaritiman dan infrastruktur.

"Pemerintah di Sulbar berkomitmen membangun sektor pangan, kemaritiman dan infrastruktur serta energi mendukung program pusat karena itu akan menjanjikan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat," kata Gubernur Sulbar, Anwar Adnan Saleh di Mamuju, Kamis.

Ia mengatakan, Sulbar kedepan ini akan lebih fokus mendukung program sektor pangan dan infrastruktur dengan mentargetkan swasembada beras bagi daerahnya dengan melakukan perluasan areal mencapai 25 ribu hektare lahan padi, kemudian terus memprogramkan pengadaan sarana dan alat pertanian.

"Inovasi teknologi pertanian akan dijalankan disamping juga meningkatkan kualitas tanaman padi membangun jaringan irigasi dan bendungan yang lebih memadai, karean Sulbar ingin mencapai target produksi beras mencapai satu juta ton," katanya.

Menurut dia, infrastruktur jalan juga akan dibangun khususnya yang berada di wilayah pegunungan Sulbar agar masyarakatnya dapat memasarkan hasil sumber daya alamnya di berbagai bidang untuk dipasarkan.

Ia mengatakan, ekonomi akan tumbuh kalau infrastruktur yang memadai, dan infrastruktur lainnya yang akan dibangun adalah infrastruktur pendorong pesatnya industri maupun investasi di Sulbar.

"Pabrik terminal pelabuhan dan bandara akan dibuat semakin memadai mendukung investasi dan seluruh kebutuhan infrastruktur yang mampu menopang ekonomi daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Ia mengatakan Sulbar juga akan meningkatkan sarana dan alat tangkapnya agar produksi perikanannya dapat dipacu dan menyiapkan energi yang mampu menjadi penopang industri dan peningkatan ekonomi masyarakat. Agus Setiawan

Pewarta : M Faisal Hanapi
Editor :
Copyright © ANTARA 2024