Mamuju (ANTARA Sulbar) - Pedagang dadakan buah durian di Kabupaten Mamuju ibukota Provinsi Sulawesi Barat bermunculan dengan menjajakan dagangannya disejumlah wilayah di Kabupaten Mamuju.

Pemantauan di Mamuju, Minggu, sejumlah pedagang durian tampak berjualan durian disejumlah tempat di Mamuju seperti di depan kompleks pasar baru Mamuju dan di jalan Martadinata berdekatan dengan pintu masuk terminal regional Mamuju.

Selain itu pedagang durian juga tampak berjualan disepanjang jalan trans sulawesi antara disebelah selatan Kota Mamuju.

"Sejak sepekan terakhir pedagang durian bermunculan karena musim panen durian telah tiba di Mamuju," kata Ima salah seorang pedagang durian.

Menurutnya, sejumlah masyarakat berlatar belakang pedagang memanfaatkan musim durian untuk menjual durian yang dibeli dari petani untuk meningkatkan kesejahteraannya.

"Untuk menambah pendapatan kami maka kami berjualan durian yang dibeli dari petani yang sudah sering kami bekerjasama ketika musim durian tiba," katanya.

Ia mengatakan, harga setiap durian yang dijual harganya bervariasi dari harga sekitar Rp10.000 sampai Rp20.000 per buah tergantung dari kualitas dan besarnya durian yang dijajakan.

Menurut dia, waktu berjualan durian dimanfaatkan sampai sebulan kedepan ketika musim durian telah berlalu.

Ia mengaku menjajakan durian merupakan pekerjaan sampingan yang menjanjikan karena durian selalu habis terjual dibeli masyarakat berasal dari sejumlah daerah di Mamuju dan sejumlah wilayah lainnya di Sulbar bahkan warga dari sulawesi selatan ketika melintas di Mamuju.

Pewarta : M Faisal Hanapi
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024