Makassar (Antara Sulsel)- Komunitas Robot Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Sulawesi Selatan, siap menggelar ajang "Islamic Techno Contest (ITC)" pada 24-26 April 2017.

Sekretaris Panitia ITC 2017 Ahmad M di Makassar Sabtu mengatakan kegiatan ITC tersebut merupakan ajang kreativitas lomba karya teknologi yang mengangkat tema "Solusi Digital Dengan Pengembangan Teknologi untuk Era Informasi Yang Lebih Baik".

Ia menyebutkan beberapa item kegiatan ITC itu terutama Lomba Karya Teknologi Nasional, selan itu diselenggarakan Robotfun Games, dan Seminar Internet of Thinks (IoT).

Ahmad menjelaskan para peserta dituntut membuat atau menciptakan sebuah alat yang berbasis `microcontroller` berdasarkan inovasi dan ide asli dari peserta.

"Alat yang dibuat peserta itu harus sesuai dengan tema ITC dengan objek smart city (kota cerdas)," ujarnya.
Selain itu, kata dia, kegiatan Robotfun Games dibuat sebagai ajang hiburan (entertainment) dan memperkenalkan robotik di kalangan mahasiswa dan pengunjung yang hadir pada iven itu.

Sementara IoT merupakan topik seminar pada kegiatan ITC 2017, kata dia, mulai populer dan hangat dibicarakan di berbagai sosial media.

Ahmad yang juga mahasiswa jurusan Teknik Informatika ini berharap dengan adanya lomba ini dapat menciptakan inovasi baru dengan membuat sebuah alat yang dapat berguna bagi masyarakat.

Ia juga mengimbau para mahasiswa yang mempunyai keterampilan di bidang teknologi agar dapat berpartisipasi dalam ajang kreativitas tersebut. Untuk peserta yang ingin registrasi dapat mengunjungi : http://maudaftar.com//99291-pendaftaran-online-islamic-con

Sebelumnya UIN Alauddin Makassar juga telah mengikuti pameran Sulawesi Education and Techno Expo Perguruan Tinggi dan Lembaga Pelatihan dan Pengembangan serta Industri Pendukung Pendidikan di Celebes Convention Center (CCC) Makassar, 14-15 Februari 2017.

Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat UIN Alauddin Ismi Sabariah mengatakan di ajang ITC 2017 pihaknya juga siap memamerkan maket kampus I dan II UIN Alauddin video profil universitas dan fakultas, buku profil UIN Alauddin, serta brosur brosur penerimaan mahasiswa baru.

"Kita pamerkan maket kampus I dan II UIN Alauddin video profil universitas dan fakultas, buku profil UIN Alauddin, juga brosur brosur penerimaan mahasiswa baru," ujarnya.

Pewarta : Abd Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024