Makassar (Antara Sulsel) - Telkomsel bersama Gramedia menggelar simulasi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) secara serentak di 44 kota di Indonesia.

"Melalui simulasi SBMPTN ini, kami berharap para calon mahasiswa dapat lebih percaya diri dalam menghadapi SBMPTN dan berhasil masuk ke perguruan tinggi favoritnya," kata General Manager Youth dan Community Area Pamasuka Riki A Setiawan, Minggu.

Dalam siaran persnya, Riki mengatakan kegiatan tersebut berlangsung pada 22 April lalu dengan diikuti 15.000 peserta di berbagai kota untuk persiapan mengikuti ujian Perguruan Tinggi Negeri pada Mei 2017.

Selain itu, kata dia, LOOP sebagai brand unggulan Telkomsel untuk segmen anak muda, secara konsisten mendukung berbagai aktivitas anak Indonesia dalam berbagai hal, salah satunya berhubungan langsung dengan pendidikan.

Dengan diselenggarakan di 44 kota, lanjut Riki, diharapkan simulasi SBMPTN ini dapat menjangkau lebih banyak pelajar di berbagai lokasi di seluruh Indonesia, agar siswa dapat merasakan manfaat dari kegiatan ini.

Simulasi SBMPTN hasil kolaborasi LOOP dan Gramedia ini dimulai secara bersamaan mulai pukul 07.00 WIB, atau 08.00 WITA dan 09:00 WIT.

Untuk Makassar simulasi SBMPTN di Gedung Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin Makassar dihadiri 600 peserta SBMPTN. Seluruh aktivitas simulasi di Unhas dan di 43 kota lainnya ditayangkan secara langsung pada layar besar.

Jalannya simulasi juga dapat disaksikan live streaming di website LOOP www.loop.co.id. Penyelenggaraan simulasi SBMPTN ini dapat tercapai berkat kerja sama dengan berbagai kampus di 44 kota di Indonesia yang menjadi tempat dilaksanakan simulasi.

Selain itu lembaga bimbingan belajar pun turut dilibatkan dalam proses pembuatan soal simulasi ujian. Para peserta simulasi dapat langsung melihat hasilnya satu hari setelah ujian pada website LOOP www.loop.co.id.

Tidak hanya itu, solusi dan pembahasan soal ujian juga akan tersedia di portal online tersebut. Simulasi SBMPTN hasil kolaborasi LOOP dan Gramedia tidak hanya dapat diikuti oleh pelajar kelas XII SMA/SMK.

"Para pelajar yang masih duduk di kelas XI serta mereka yang sudah lulus SMA dan SMK juga diperkenankan untuk mendaftarkan diri dan menguji kemampuannya dalam mengerjakan soal SBMPTN," tambahnya.

Kegiatan ini, lanjutnya, berhasil meraih penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai "Simulasi SMBPTN Pertama yang Menggunakan QR Code untuk Pendaftaran Peserta".

Untuk mengikuti simulasi, para calon peserta sebelumnya cukup melakukan pendaftaran secara online di website LOOP di www.loop.co.id atau pendaftaran langsung di gerai-gerai Gramedia yang sudah ditunjuk.

Pewarta : Darwin Fatir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024