Kupang (Antara Sulsel) - Sembilan bakal calon bupati Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur, melamar ke Parta Demokrasi Indonesia Perjuangan untuk ikut bertarung dalam Pemilihan Kepala Daerah Rote Ndao 2018.

"Tidak ada yang melamar menjadi bakal calon wakil bupati. Semuanya melamar menjadi bakal calon bupati," kata Ketua Desk Pilkada DPD PDI Perjuangan NTT Yunus Takandewa kepada Antara di Kupang, Sabtu.

Sembilan bakal calon bupati tersebut adalah Petrus J Pelle, Cornelis Feoh, Paulina Haning-Bullu, Djanu J Manafe, Mesakh N Nunuhitu, Mikael Pah, Jonas C Lun, Thobias M Ndolu dan Charles Pelle.

Dia mengatakan berkas para bakal calon itu sudah diserahkan oleh DPC PDI Perjuangan Rote Ndao ke DPD untuk proses lebih lanjut.

Anggota DPRD NTT itu menambahkan sesuai instruksi partai dan Peraturan Partai Nomor: 04 tahun 2016 tentang Rekrutmen dan Seleksi Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi bakal calon.

Kriteria itu antara lain, untuk kader partai, harus menyerahkan rekomendasi dan daftar riwayat hidup yang ditandatangani pengurus partai tempat yang bersangkutan domisili.

Selain itu, tidak sedang terkena sanksi organisasi, tidak terlibat baik langsung maupun tidak langsung dalam kongres PDI di Medan dan Palu, tidak menentang hasil kongres keempat partai dan tidak terlibat narkoba.

Kriteria lain adalah tidak diragukan komitmen dan perjuangan bagi partai, bebas KKN, dapat memberikan gambaran peluang untuk memenangkan Pilkada antara lain dari dukungan masyarakat dan dukungan lainnya.

Sementara untuk masyarakat umum yang ingin bertarung melalui PDIP, antara lain bersedia mengikuti seluruh tahapan penjaringan dan penyaringan sesuai pedoman pelaksanaan yang ditetapkan partai.

Telah menyatakan komitmen kepada dewan pimpinan partai pada tingkatannya, untuk memperhatikan peran dan aspirasi partai di daerahnya, bersedia membantu pengembangan dan pemberdayaan potensi partai.

Dan senantiasa bekerja sama dengan jajaran struktural partai di wilayah pemilihan bersangkutan, bebas KKN, dapat memberikan gambaran peluang untuk memenangkan pilkada, menyerahkan rencana anggaran pemenangan pilkada, katanya.

Yunus Takandewa menambahkan, hingga saat ini sudah ada tiga daerah yang menyelesaikan pendaftaran bakal calon dan menyerahkan berkas ke DPD PDIP NTT yakni Sumba Tengah, Rote Ndao, dan Sumba Barat Daya.

Pewarta : Bernadus Tokan
Editor :
Copyright © ANTARA 2024