Makassar (Antara Sulsel) - Lembaga Penelitian Mahasiswa (LPM) Penalaran Universitas Negeri Makassar (UNM) menyelenggrakan seminar proposal 19 penelitian melalui `correlation` di Makassar, Sulsel, 15-16 Juli 2017.

Ketua Divisi Penelitian dan Pengembangan (Litbang) LPM Penalaran UNM Muhammad Nurul Kamal di Makassar, Minggu, mengatakan kegiatan ini diikuti 84 orang yang terbagi 19 kelompok.

"Ke-19 kelompok penelitian tersebut dibagi atas lima sub tema penelitian yaitu sains, teknologi, pendidikan, bahasa dan budaya, dan sosial kemasyarakatan,"katanya.

Ia menjelaskan selama dua hari, ke-19 kelompok penelitian itu diberikan penambahan materi tentang penelitian dan tata cara pembuatan proposal penelitian dalam pendidikan dan latihan correlation yang dilanjutkan dengan pembahasan `Term of Reference (TOR)` untuk pemamparan judul dan gambaran umum penelitian.

"Hasil dari pembahasan TOR tersebut diwujudkan menjadi satu seminar proposal dan instrumen penelitian yang kemudian diseminarkan," ujarnya.

Adapun teknik pelaksanaan kegiatan pembahasan proposal dan instrumen penelitian ini yaitu kelompok dibagi menjadi dua ruangan selama dua hari yang disesuaikan dengan kategori masing-masing kelompok.

Setiap kelompok diberikan waktu untuk mempresentasikan hasil proposal penelitiannya selama delapan menit, yang selanjutnya ditanggapi oleh beberapa penanggap yang kompeten di masing-masing tema penelitian.

Setelah melakukan pembahasan proposal dan instrumen penelitian, peserta correlation akan melakukan penelitian lapangan pada 17 Juli sampai akhir Agustus, dan akan dilakukan `research colloquium` pada 22 September 2017.

"Tahun ini menjadi tahun emas penelitian bagi LPM Penalaran UNM, semoga penelitian ini bisa bermanfaat bagi masyarakat," ujarnya.

Ketua Umum LPM Penalaran UNM Muhammad Alimka berharap bahwa semua proposal yang diseminarkan selama dua hari tersebut dapat dijalankan dengan baik dan dapat di seminar hasilkan pada bulan September 2017.

Sebelum seminar proposal, LPM Penalaran UNM lebih awal melaksanakan Diklat Correlation, pembahasan Term of Reference (TOR) dan melakukan pembahasan proposal dan instrumen penelitian Consistent in Research Corrabolation (Correlation) di Gedung SS FMIPA UNM.

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024