Bupati Sinjai kukuhkan pengurus BUMP Andalan

id andi seto gadhista asapa,bupati sinjai,bump,Desa Kalobba

Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa, SH, LLM (kiri) mengukuhkan pengurus BUMP di Dusun Kambuno Desa Kalobba Kecamatan Tellulimpoe, Kabupaten Sinjai, Jumat (30/11/2018). (FOTO/Humas Pemkab Sinjai)

Sinjai (Antaranews Sulsel) - Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa, SH, LLM mengukuhkan pengurus Badan Usaha Milik Petani (BUMP) Andalan di Dusun Kambuno Desa Kalobba Kecamatan Tellulimpoe, Kabupaten Sinjai, Jumat.

Andi Seto didampingi Wakil Bupati Sinjai dan para anggota Forkopimda melakukan kunjungan kerja Sinjai di desa tersebut dalam sambutannya mengatakan BUMP bertujuan meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani, karena itu mulai 2019 akan difasilitasi pembentukan BUMP di setiap desa secara bertahap.

"Dengan BUMP akan berkontribusi dalam akselerasi pengembangan sosial ekonomi petani, memudahkan akses informasi pasar, permodalan, infrastruktur, pasar maupun adopsi inovasi pertanian, kelembagaan petani akan memudahkan bagi pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya dalam memfasilitasi dan memberikan penguatan kepada petani," ujar Bupati saat mengukuhkan 11 orang pengurus BUMP Andalan yang diketuai Andi Aksan Amar, A.Md.Pi.

Bupati juga mengapresiasi kepada semua pihak yang saat ini masih eksis berkontribusi terhadap pemerintah dan masyarakat dalam membangun Kabupaten Sinjai demi terwujudnya masyarakat Sinjai yang mandiri, berkeadilan, dan religius melalui peningkatan kualitas SDM yang unggul dan berdaya saing.

Selain pengukuhan, juga dilakukan penandatanganan perjanjian kerjasama Sekolah Menengah Kejuruan dengan Kelompok Tani Camara Turue dan BUMP Andalan.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Ir.Hj.Marwatiah, M.Si dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk mendorong terbentuknya usaha petani dalam skala ekonomi berbasis kawasan pertanian, membangun jiwa kewirausahaan petani dan keluarganya serta meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani dan keluarganya.

"Kelembagaan petani memegang peranan penting dalam pembangunan pertanian yang terdiri dari Kelompok Tani dan Gabungan Kelompok Tani, dimana jumlah kelompok tani di Kabupaten Sinjai sebanyak 1.323 terdiri dari Kelompok Tani Dewasa sebanyak 1.145 kelompok, Wanita Tani sebanyak 156 kelompok dan Pemuda Tani sebanyak 34 kelompok dan 83 Gapoktan yang mengusahakan berbagai komoditas baik tanaman pangan, hortikultura, perkebunan maupun peternakan," kata Marwatiah.

Menurutnya, pada 2018, Pusat Penyuluhan Pertanian, Kementerian Pertanian melakukan pengembangan dan penumbuhan korporasi petani dalam bentuk BUMP, hal ini sejalan dengan visi misi Bupati Sinjai yang dituangkan dalam program bidang pertanian yakni mendirikan BUMP di setiap desa.

"Khusus di Kecamatan Tellulimpoe telah dibentuk BUMP sebagai realisasi dari program 100 hari kerja Bupati dan Wakil Bupati Sinjai periode 2018-2023," tuturnya.

Dia menambahkan, Ketua BUMP Andalan Andi Aksan Anmar pada tahun 2017 meraih juara 2 petani berprestasi tingkat nasional kategori intensifikasi jagung, Usman selaku Sekretaris BUMP pernah meraih juara 1 Gapoktan Berprestasi tingkat nasional pada tahun 2015 serta Sudirman selaku Bendahara pernah menerima penghargaan sebagai Gapoktan Berprestasi pada tahun 2018.

Menurut dia, akan dibentuk 80 BUMP di setiap desa dan kelurahan secara bertahap, dan pada 2019 akan dibentuk sebanyak 20 BUMP.
Pewarta :
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar