Balita dominan diserang penyakit pernafasan dan pencernaan

id infeksi pernafasan,infeksi pencernaan,balita

Dokter spesialis anak Dr Setia Budi Salekede Sp.A(K) (kiri) di Makassar, Sabtu.(6/4/2019). (ANTARA Foto/Abd Kadir/19)

Makassar (ANTARA) - Dokter spesialis anak Dr Setia Budi Salekede Sp.A(K) mengatakan penyakit infeksi saluran pernafasan dan gangguan pencernaan yang paling sering menyerang anak di Makassar.

Dr Setia Budi di Makassar, Sabtu, mengatakan kondisi yang terjadi saat ini masih sama dengan hasil penelitian yang dirilis kementerian kesehatan pada 2013.

"Hasil riset (sesuai data departemen kesehatan pada 2013) menunjukkan 41,9 persen anak di Indonesia masih sering terkena infeksi saluran pencernaan dan 12,2 persen terkena diare. Hal itu juga berlaku di Makassar saat ini," katanya.

Ia menjelaskan, besarnya potensi ancaman kedua penyakit itu menyerang anak-anak khususnya di usia balita dikarenakan beberapa hal seperti anak yang sedang dalam masa aktif.

Untuk menghindari itu, kata dia, maka orang tua waspada dengan memperhatikan nutrisi dan perlindungan yang tepat.

Yakni dengan memberikan asupan probiotik seperti lactobacillius rhamnosus yang telah diuji klinis dapat membantu menurunkan risiko infeksi saluran pernafasan, infeksi saluran cerna dan meningkatkan daya tahan tubuh.

"Memang belum ada riset terbaru soal kedua penyakit itu (sejak 2013), namun memang besar di Makassar. Artinya butuh pemberian asupan yang cukup untuk si kecil," ujarnya.*


 
Pewarta :
Editor: Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar