Dispar gelar "Makassar Culinary Night" berdayakan UKM

id Makassar Culinary Night ,mcn,dinas pariwisata makassar,UKM,kuliner

Dispar gelar  "Makassar Culinary Night" berdayakan UKM

Pelaksana tugas Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar Kamelia Thamrin Tantu (dua kiri) bersama tim pelaksana Makassar Culinary Night (MCN) memberikan keterangan pers di Makassar, Rabu (10/42019). ANTARA FOTO/Darwin Fatir.

Makassar (ANTARA) -  Dinas Pariwisata Makassar kembali menggelar "Makassar Culinary Night"(MCN) dalam rangkaian peringatan Hari Kartini sebagai bagian dari pemberdayaan usaha kecil mikro (UKM) dengan menargetkan omzet penjualan sekitar Rp300 juta. 

"Antusias pengunjung sangat positif dalam acara ini, kalau tahun lalu jumlah pengunjung mencapai 15 ribuan. Tahun ini bisa lebih dari itu dan target omzetnya diperkirakan juga meningkat,," ujar Project Lead MCN, Mistriani A Muin di Makassar, Rabu. 

Dia menyebutkan sekitar 250 peserta UKM yang sebelumnya telah menawarkan ikut dalam kegiatan ini, namun tidak semua bisa diakomodir. Hanya sekitar 60 persen tenant baru yang ikut ambil bagian dalam kegiatan tahunan ini. 

Ia menambahkan lebih dari 50 unit UKM Makassar yang telah menjadi pilihan sudah dikurasi oleh kurator MCN untuk ikut serta dalam kegiatan MCN di lokasi Fort Rotterdam pada Sabtu, 13 April 2019 mulai pukul 13.00-23.00 Wita.

Acara ini  diperuntukkan kepada pelaku UKM kuliner Makassar sebagai wadah untuk memperkenalkan usahanya dan sebagai bentuk dukungan Pemerintah Kota Makassar terhadap pelaku UKM. 

Pelaksana tugas Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar, Kamelia Thamrin Tantu pada kesempatan itu menyampaikan pemerintah menjadikan acara tersebut sebagai bentuk pengenalan dan promosi kepada pelaku UKM khususnya di bidang kuliner untuk bisa berkembang.

"Makassar Culinary Night merupakan even berkala Dinas Pariwisata Kota Makassar yang ditujukan untuk peningkatan jumlah wisatawan ke kota ini sekaligus juga mengapresiasi para pelaku kreatif UKM khususnya di bidang kuliner," katanya. 

Kegiatan MCN juga menghadirkan kolaborasi 'marching band' dengan 'guest star'. Ada pula disajikan salah satu jajanan khas Kota Makassar dan ‘happy hour” serta berbagai kejutan lain yang disajikan oleh panitia. 

Selain suguhan kuliner, dari sisi hiburan di MCN juga kembali menghadirkan hiburan band lokal dari Ismy Amaliah dan Fian Rynaldi, serta penampilan menarik dari Theory of Discoustic (TOD) dan Skin and Blister. 

Tanpa mengurangi unsur budaya khas dalam kegiatan MCN, pihaknya juga menghadirkan tarian tradisional khas Makassar dan sejumlah permainan menarik bagi pengunjung dari tenant selaku peserta.  

Tidak hanya itu, manajemen aplikator Go-Jek selaku pendukung utama akan memberikan cashback GO-pay senilai 30 persen bagi pengunjung yang bertransaksi menggunakan Go-pay selama acara berlangsung. 
 
Pewarta :
Editor: Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar