2.291 siswa SMP/MTs di Sulsel tidak ikuti UNBK

id UNBK SMP, UNBK Sulsel,Ujian Nasional,Smp

Suasana UNBK di SMPN 6 Makassar Sulsel yang akan berlangsung sejak 22-25 April 2019. ANTARA Foto/Nur Suhra Wardyah

Makassar (ANTARA) - Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan melalui bagian Helpdesk Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Sulsel merilis sebanyak 2.291 siswa SMP/MTs yang tidak mengikuti UNBK 2019, sejak pelaksanaannya pada 22-24 April 2019 di 24 kabupaten/kota se Sulsel.

"Memang benar, sejumlah itu yang tidak hadir, tapi alasan pasti dari siswa ini belum kita tahu jelas, karena untuk koordinator  tingkat SMP sederajat di bawah wewenang kabupaten/kota masing-masing," ungkap Seksi Pengembangan Informasi Dinas Pendidikan (Disdik) Sulawesi Selatan, Ibrahim Halim di Makassar, Selasa.

Ribuan siswa yang tidak mengikuti UNBK ini terdiri dari 154.855 siswa yang tersebar di 2.417 sekolah. dengan total SMP 1.684 sekolah dan MTs 773 sekolah di Sulsel.

Ibrahim menyebutkan pelaksanaan UN di Sulsel bukan hanya berbasis komputer, namun juga masih ada ujian berbasis kertas pensil (UNKP) pada
uN serentak SMP sederajat yang akan berakhir 25 April 2019, sebanyak  498 sekolah masih menggunakan metode UNKP di Sulsel.

"Untuk data yang tidak hadir UNKP, kami belum terima totalnya berapa banyak. Hanya sudah ada beberapa daerah yang masuk datanya," katanya.

Sementara, Koordinator HelpDesk UNBK Propinsi Sulawesi Selatan, Firdausi Topuriti juga membenarkan hal ini bahwa hanya sebagian kecil kabupaten yang baru melaporkan jumlah siswa absen pada UNBK SMP sederajat.

"Kurang lebih seperti itu, untuk UNKP belum kami himpun karena kesibukan melayani UNBK di jajaran. Apalagi kami sedang mengawal 1887 server. Kalau data yang baru masuk itu seperti Bantaeng, Gowa dan Jeneponto," ungkap Uchu sapaannya.

Sebelumnya, staff Disdik Sulsel ini juga menyebutkan, ada delapan SMP sederajat di Sulawesi Selatan sempat mengalami gangguan server di hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

"Tapi sejauh ini alhamdulillah sudah aman, semoga sampai hari terakhir tetap aman," ucapnya.

Beberapa kabupaten dengan jumlah sekolah yang mengalami gangguan server yakni lima sekolah di Kabupaten Jeneponto, satu di Luwu Timur dan dua di Pangkajene Kepulauan. Hal ini ditengarai hujan deras dan angin kencang yang melanda daerah tersebut.

Secara serentak, pelaksanaan UNBK di SMP sederajat juga sedang berlangsung pada jenjang Sekolah Dasar. Disdik Sulsel mencatat sebanyak 7.181 SD/Mi sedang menggelar UN.

Kepala SD Kompleks Sambung Jawa Makassar, Fahmawati Fachruddin di Makassar, mengaku, proses UN berlangsung lancar dan aman.

"Alhamdulillah lancar, dan kita punya 83 siswa terdaftar UNBK dan semua hadir," katanya.

Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar