DP2 Makassar kerahkan 166 tenaga kesehatan periksa hewan qurban

id DP2 Makassar,hewan kurban,idul adha,tenaga kesehatan hewan

DP2 Makassar saat melakukan pemeriksaan ante morten pada sejumlah hewan ternak jelang Hari Raya Idul Adha di Makassar, Selasa (6/08/2019). ANTARA Foto/HO/DP2

Makassar (ANTARA) - Dinas Perikanan dan Pertanian Kota Makassar mengerahkan sedikitnya 166 tenaga kesehatan (nakes) untuk melakukan pemeriksaan ante morten kepada hewan qurban dalam rangka perayaan Idul Adha 1440 Hijriah.

Plt Kepala Dinas Perikanan dan Pertanian (DP2) Kota Makassar, Sumarni di Makassar, Selasa (6/8) mengemukakan nakes yang dikerahkan termasuk suka relawan dari mahasiswa dan coast Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Hasanuddin (Unhas) serta 20 orang lainnya merupakan dokter hewan yang tergabung dalam Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Sulsel.

Sementara pihak DP2 melibatkan 46 orang stafnya yang telah menerima surat perintah tugas nomor 008/10758/SPT/DPP/VII/2019 untuk melakukan pemeriksaan kesehatan hewan/ternak qurban sebelum dipotong pada daerah-daerah yang telah ditentukan sejak 3-10 Agustus.

"Dari 46 orang ini, kami punya dokter hewan delapan orang. Mereka dibagi lima tim untuk menyasar 14 kecamatan bersama dari PDHI dan mahasiswa kedokteran," katanya.

Lima tim tersebut terdiri dari tim 1; Kecamatan Manggala dan Panakukang, tim 2; Biringkanaya dan Tamalanrea, tim 3; Rappocini, mariso dan Mamajang, tim 4; Botoala, Tallo dan Ujung Tanah, tim 5; Tamalate, Ujung Pandang dan Wajo.

Berdasarkan rekapitulasi sampai hari kedua (Minggu) laporan dari lima tim wilayah pemeriksaan kesehatan hewan qurban juga mencatat jumlah pengambilan sampel sebanyak 105 slide untuk diperiksa secara terinci pada lab mobile DP2.

"Tiap hari kita akan terjunkan tim untuk melakukan pemeriksaan hewan. Karena kita bergerak dari satu pengusaha ke yang lainnya," tuturnya.

Sampai saat ini, Dinas DP2 Kota Makassar merilis telah memeriksa kelayakan 2.458 hewan qurban per Senin (5/8) jelang perayaan Idul Adha 1440 Hijriah.
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar