Pendamping SMN Sulsel: Keragaman di Papua luar biasa

id SMN Sulsel

Peserta SMN 2019 Sulsel dan para pendamping berpose bersama Walikota Jayapura beserta jajaran (ANTARA News Papua / Hendrina Dian Kandipi)

Jayapura (ANTARA) - Pendamping peserta program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2019 asal Sulawesi Selatan mengakui bahwa keragaman di Provinsi Papua sangat luar biasa baik dari segi pariwisata maupun budaya.

Pendamping peserta SMN 2019 Sulawesi Selatan Suparman  mengatakan kepada Antara di Jayapura, Senin, begitu banyak pengetahuan baru yang diperoleh dari hasil kunjungan ke Papua khususnya di Kota Jayapura.

"Kami dikenalkan berbagai macam budaya lokal, ikon-ikon pariwisata hingga destinasi wisata khususnya di Kota Jayapura," kata dia yang juga guru di SMAN 11 Pangkep.

Menurut Suparman, program SMN ini juga bertujuan untuk menggali potensi daerah, mencetak kualitas generasi muda bangsa dan mengenal budaya Nusantara khususnya di Provinsi Papua.

Senada dengan Suparman, Isma Oktaviani Amir peserta SMN 2019 Sulawesi Selatan asal SMA Negeri 9 Jeneponto mengatakan dirinya sudah lama mendengar dan membaca terkait Kota Jayapura sehingga ketika dapat mengunjungi langsung, sungguh bangga dan kagum.

Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) merupakan momentum pertukaran pelajar antarprovinsi yang difasilitasi oleh badan usaha milik megara (BUMN) sebagai bagian dari rangkaian kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN).

Tahun ini di Provinsi Papua, PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) ditunjuk oleh Kementerian BUMN sebagai BUMN PIC (koordinator) program SMN di mana siswa-siswi peserta SMN dari Papua dikirim ke Makassar, Sulawesi Selatan, dan sebaliknya peserta SMN Sulawesi Selatan ke Jayapura, Provinsi Papua.

Kegiatan SMN 2019 akan berlangsung hingga 23 Agustus 2019 dengan jumlah  peserta SMN dari Sulawesi Selatan sebanyak 27 orang.
Pewarta :
Editor: Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar