Peserta SMN sampaikan terima kasih kepada BUMN

id smn,sulsel,papua

Peserta SMN  sampaikan terima kasih kepada BUMN

Peserta SMN 2019 asal Sulsel (kanan) saat berbelanja di kios milik warga Wutung, PNG, Senin (19/8/2019). (ANTARA News Papua/Alfian Rumagit)

Jayapura (ANTARA) - Bulan Purnama, salah satu peserta SMN 2019 asal Sulsel di Kota Jayapura, Papua, Senin, mengucapkan terima kasih kepada program BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN) lewat Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2019 dia bisa ke Papua New Guinea (PNG)," kata

Siswa dari SMAN 17 Bulukumba, Kabupaten Bulukumba, itu mengaku bangga karena lewat program BHUN, Ia bisa mewakili kabupatennya datang berkunjung ke Papua khususnya ke Kabupaten Jayapura yang sama sekali belum terpikirkan dalam benaknya.

"Saya bisa ke PNG itu, berkat BHUN lewat program SMN tahun 2019. Untuk itu saya sangat berterima kasih sekali, kepada BUMN, BRI dan Semen Tonasa," kata Bulan.

Andika Galif Pratama dari SMAN 6 Wajo, Kabupaten Wajo, mengaku kunjungan ke perbatasan merupakan pengalaman pertama dalam hidupnya bisa menginjakkan kaki di PNG.

"Ini pengalaman luar biasa sekali. Takkan pernah terulang kembali momen seperti ini, apalagi biayanya gratis dari BUMN Hadir Untur Negeri. Pemandangan di batas ini sangat indah, ada pegunungan menjulang tinggi dan bisa melihat laut di PNG," katanya.



BRI yang bekerja sama dengan Satgas Pamtas RI-PNG dari Yonif 713/ST membawa peserta SMN asal Sulsel bisa menyeberang ke Wutung, PNG, tepatnya tak jauh dari titik nol yang merupakan tempat berjualan para pedagang setempat.

Di sana peserta sempat berinteraksi dengan para pedagang yang menjajakan daging domba goreng yang dijajakan bersama pisang dan sosis goreng.

Terlihat, diantara 27 peserta SMN asal Sulsel membeli souvenir, seperti topi dan syal untuk oleh-oleh bagi keluarga di kampung halaman.

"Ini topi saya belikan untuk bapak saya," kata Isma Oktaviani Amir dari SMAN 9 Jeneponto, Kabupaten Jeneponto.

Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) merupakan momentum pertukaran pelajar antarprovinsi yang difasilitasi oleh perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), sebagai bagian dari rangkaian kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN).

Tahun ini di Provinsi Papua, PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) ditunjuk oleh Kementerian BUMN sebagai BUMN koordinator program SMN.

Siswa-siswi peserta SMN dari Papua dikirim ke Makassar, Sulawesi Selatan, dan peserta SMN Sulawesi Selatan ke Jayapura, Provinsi Papua. Kegiatan SMN 2019 akan berlangsung hingga 23 Agustus mendatang.*
 
Pewarta :
Editor: Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar